Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 140, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 140, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 140, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 7, Subtema 4, pembelajaran 5 untuk Kelas 4 SD/MI berikut.

Tema 7 yaitu Indahnya Keragaman di Negeriku. Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek. Pembelajaran 5 terdapat pada halaman 140.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas yaitu ‘mempresentasikan hasil kerja kelompok seara bergiliran’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 140

Presentasi

Secara bergiliran, presentasikan hasil kerja kelompokmu. Sampaikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Sampaikan dengan suara yang lantang tetapi tidak berteriak. Sebaiknya, berbagilah tugas dengan anggota kelompokmu. Ada yang memegang alat bantu presentasi, misalnya montase yang telah dibuat. Beberapa anggota dapat bergantian dalam menyampaikan presentasi secara berkelanjutan.

Saat kelompok lain melakukan presentasi, perhatikan dengan baik. Sebelum diberi kesempatan untuk bertanya, duduklah dengan tenang. Saat kamu diberi kesempatan untuk bertanya atau memberi masukan, sampaikan pertanyaan atau masukanmu dengan jelas.

Jawaban:

Pada saat Presentasi Kelompok Siswa:

1. Peserta (Presentator) duduk secara berurut sesuai urutan Nama yang terpampang pada Layar Presentasi atau Screen Projector.

2. Salah satu Anggota Kelompok mengoperasikan File Presentasi pada PC yang disediakan, dan membuka File Presentasi (Pembukaan).

3. Ketua Kelompok membuka acara Presentasi:
– Salam Pembuka
– Memaparkan maksud dan tujuan presentasi
– Memperkenalkan Presentator lainnya
– Memaparkan Point penting yang dipresentasikan.

4. Seluruh Presentator melakukan pemaparan Materi secara bergantian sesuai dengan pembagian tugas pemaparan pada Kelompok Kerja.

5. Setelah pemaparan Materi, saat Sesi Tanya Jawab, Ketua Kelompok mempersilahkan kepada Peserta Kelompok lainnya untuk bertanya mengenai paparan Materi yang disampaikan.

6. Kelompok yang melontarkan pertanyaan:
– Mengacungkan tangan
– Berdiri, setelah diberikan persetujuan
– Menyebutkan Nama, Kelompok yang diwakilkan
– Mengajukan pertanyaan (bisa langsung kepada Presentator yang memaparkan Materi).

7. Notulen Kelompok melakukan pencatatan atas Nama, Kelompok yang bertanya, dan pertanyaan yang diajukan.

8. Anggota Kelompok lainnya mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan,

9. Pada saat Ketua sedang melangsungkan Sesi Pertanyaan, Anggota lainnya sudah siap dengan Jawaban pertanyaan yang diajukan oleh kelompok yanng lebih dahulu bertanya,

10. Setelah kelompok terakhir mengajukan pertanyaan selesai, Anggota Presentasi yang telah siap memaparkan Jawaban, langsung berdiri dan memaparkan Jawaban atas Pertanyaan yang pertama kali.

11. Jawaban dipaparkan secara beruntun hingga Kelompok yang mengajukan pertanyaan puas dengan jawaban yang diberikan.

12. Apabila dirasa Kelompok Presentasi tidak dapat menjawab pertanyaan, maka dapat dilemparkan kepada Kelompok lainnya, atau kepada Guru Pembimbing.

13. Guru Pembimbing berhak mengajukan pertanyaan sesuai Materi dan Draft/Layout Presentasi yang ditentukan sebelumnya.

14. Pemaparan Jawaban atas Pertanyaan dapat dilakukan dengan simulasi atau contoh yang digambarkan secara manual pada Whiteboard atau dengan Materi yang telah dipersiapkan sebelumnya pada Softcopy.

15. Ketua Kelompok Presentasi menutup Sidang Presentasi setelah seluruh paparan Materi dan pertanyaan seluruh kelompok telah dibahas:
– Memberikan kesimpulan Presentasi
– Pemaparan Materi lanjutan pada media belajar lainnya
– Mengucapkan permohonan maaf apabila ada kekurangan
– Mengucapkan Salam Penutup.

16. Seluruh Anggota Kelompok Presentasi meninggalkan Meja Sidang Presentasi dalam keadaan seperti semula.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.