Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 131, Subtema 3: Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia, Pembelajaran 3

by -
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 131, Subtema 3: Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia, Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 131, Subtema 3: Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia, Pembelajaran 3

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 9, Subtema 3, pembelajaran 3 untuk Kelas 4 SD/MI berikut.

Tema 9 yaitu Kayanya Negeriku. Subtema 3 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 119 sampai 131. Sementara itu, pembahasan soal kunci jawaban berada di halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, dan 131.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas berupa ‘melakukan wawancara untuk mengetahui usaha-usaha pelestarian lingkungan alam’, ‘mengamati gambar perilaku yang mencerminkan usaha pelestarian lingkugan dan yang merusak lingkungan alam’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Benar sekali, di antaranya dengan penggunaan energi alternatif dan ajakan melalui poster

Ayo Membaca

Kita semua tahu bahwa energi sangat dibutuhkan oleh manusia. Energi digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah minyak bumi dan batu bara.

Bayangkan, berapa juta liter minyak bumi yang dihabiskan dalam sehari untuk menjalankan jutaan kendaraan bermotor dan ribuan pabrik di dunia ini? Padahal persediaan minyak bumi dan batu bara terbatas.

Energi minyak bumi dan batu bara berasal dari fosil makhluk hidup yang berproses selama jutaan tahun yang lalu. Apabila habis minyak bumi tidak bisa diperbarui atau tidak diadakan kembali. Demikian juga dengan batu bara yang berasal dari tumbuhan.

Ada kekhawatiran bahwa suatu saat nanti kita akan kehabisan energi minyak bumi dan batu bara. Bagaimana jika energi minyak bumi dan batu bara habis? Apakah aktivitas manusia akan terhenti? Sebelum hal itu terjadi, sudah saatnya kita memikirkan energi alternatif demi kelangsungan hidup manusia.

Adakah energi yang tidak akan habis dan tersedia secara melimpah di sekitar kita? Ya, tentu saja ada. Energi tersebut disebut energi alternatif. Coba perhatikan gambar-gambar energi alternatif berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 dan 121

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini.

Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?
Jawaban:
Hal yang dapat kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis adalah dengan mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan energi yang telah habis tersebut. Energi yang habis ini umumnya energi yang tidak terbaharukan. Sementara energi alternatif adalah jenis energi pengganti yang terbaharukan

Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!
Jawaban:
Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan tanpa dampak negatif dari bahan bakar fosil.

Ayo Membaca

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi yang dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan biomasa. Mari kita mencari tahu lebih lanjut.

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional yaitu bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam.

Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

1. Matahari
Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain. Pada saat ini sel-sel surya sudah biasa dijumpai di atap-atap rumah, rumah sakit, dan hotel–hotel.

2. Angin
Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir angin tradisional. Saat ini energi angin digunakan untuk menghasilkan listrik melalui alat yang disebut aerogenerator.

3. Air
Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras. Energi gerak dari air terjun tersebut digunakan untuk memutar generator pembangkit listrik.

4. Panas
Bumi Energi panas bumi (energi geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi. Bumi yang berbentuk, seperti bola sesungguhnya tersusun dari lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Pengembangan energi geotermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik. Ini juga menjadi alasan hanya ada 24 negara di dunia yang memanfaatkan energi panas bumi saat ini.

5. Gelombang
Air Laut Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Bahan Bakar Bio
Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodisel. Biodisel dapat digunakan untuk menggantikan solar.

Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin atau premium. Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran hewan. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biogas. Kotoran hewan yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Penguraian kotoran hewan dengan bantuan bakteri akan dihasilkan gas metana yang digunakan sebagai sumber energi panas kompor. Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Bacalah bacaan berikut dengan nyaring

Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati

Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas.

Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.

Sudah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak. Hasilnya juga cukup lumayan karena uang belanja untuk membeli gas elpiji dapat dihemat untuk keperluan lainnya. Termasuk saat terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap bisa memasak.

Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tidak ada bedanya serta tidak berpengaruh pada rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu juga murah.

Sebelum memakai biogas kotoran sapi, setiap bulannya Latif harus mengeluarkan biaya Rp 52.000,- untuk membeli gas elpiji, dan belum lagi jika terjadi kenaikan harga elpiji. Namun, sekarang dia sudah tidak perlu lagi membeli gas elpiji.

Ide membuat instalasi kompor biogas muncul karena di belakang rumahnya menjadi tempat kandang kelompok peternak sapi. Ada sekitar 10 ekor sapi yang setiap hari menghasilkan sekitar 200 kg limbah kotoran sapi yang terbuang sia-sia. Limbah kotoran sapi tersebut hanya dipakai sebagai pupuk kandang.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 124

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas !

1. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?
Jawaban:
Biogas kotoran sapi adalah gas yang dihasilkan oleh fermentasi dari kotoran sapi.

2. Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
Jawaban:
Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar biogas. Biogas merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap..

3. Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?
Jawaban:
Lebih hemat biogas kotoran sapi. Karena kotoran sapi tidak perlu membeli, sedangkan gas elpiji harus membayar setiap pemakaiannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Mencoba

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.
1. Energi alternatif sinar matahari.
2. Energi alternatif air.
3. Energi alternatif angin.

Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.
Jawaban:
Berikut ini contoh bacaan mengenai penggunaan energi alternatif:

1. Contoh Bacaan Energi alternatif sinar matahari.

Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatannya juga tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya. Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Itulah sebabnya pengolahan listrik tenaga surya merupaka potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di tanah air. Di antara sumber energi, energi matahari adalah yang terpenting karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Energi matahari tersedia setiap hari. Kita tidak akan kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama matahari masih bersinar.

2. Contoh Bacaan Energi alternatif air.

Energi alternatif air adalah satu sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik tenaga air tanpa meninggalkan dampak negatif seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Energi yang dihasilkan pun ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah. Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus air. Tidak hanya di sungai, arus dari air laut pun bisa digunakan sebagai sumber energi. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

3. Contoh Bacaan Energi alternatif angin.

Energi alternatif angin dihasilkan dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Biasanya energi ini dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Cara kerja kincir angin ini memang sering kali terlihat gerakan lambat. Meskipun begitu kincir angin ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar. Energi angin tersebut bisa digunakan sebagai energi listrik setelah disambungkan dengan generator. Energi listrik ini bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Bahkan energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lain, karena sama sekali tidak menimbulkan limbah. Angin merupakan salah satu energi yang terbarukan atau tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif. Penggunaan energi alternatif merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekaligus untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Namun, kesadaran untuk melakukan usahausaha pelestarian lingkungan tersebut tidak sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 126

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut!
Jawaban:
Tabel Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

No. Nama Benda/Zat Perubahan Pada Alam Sifat
Sebab Akibat
1. Pupuk kimia Penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang Mengurangi kesuburan tanah, menurunkan produktivitas pertanian Merusak
2. Deterjen Pemakaian deterjen yang berlebihan Pencemaran pada tanah dan air Merusak
3. DDT (Dichloro Diphenyl Trichloroethane) Penggunaan pestisida berlebihan pada tanaman Larut dalam lemak dan dapat berpindah ke tubuh manusia Merusak
4. CFC (Chloro fluorocarbon) Penggunaan gas pendingin yang ada pada AC Jika kadar CFC terlalu tinggi, lapisan ozon dapat semakin tipis MerusaK
5. Bahan peledak Penggunaan peledak pada penangkapan ikan Ikan-ikan kecil ikut mati terkena ledakan Merusak

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 127

Ayo Mengamati

1. Identifikasilah kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.
Jawaban:

Kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar
– Penebangan dan pembakaran hutan
– Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
– Eksploitasi sumber daya laut
– Penggunaan kendaraan bermotor
– Perburuan liar

2. Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama.

Jelaskan keterkaitan antara perilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam!
Jawaban:
Gambar1 : Perburuan liar dapat mengakibatkan keseimbangan alam terganggu karena akan mengakibatkan kepunahan fauna yang berperan penting dalam ekosistem.
Gambar 2 : Penebangan hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan. Akibatnya banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang dan lama-lama menjadi langka

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 128

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Jawaban:
LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Dayu
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara:

No. Nama Narasumber Jawaban
1. Orang Tua Lingkungan alam maka alam akan menjadi rusak
2. Ketar RT Terjadi pemanasan global.
3. Keponakan Akan timbul bencana alam
4. Tetangga Alam menjadi tidak seimbang
5. Teman Sekelas Terjadi pencemaran lingkungan
6. Anak tetangga Sebagian sumber daya alam akan musnah
7. Kakak Keseimbangan ekosistem akan terganggu
8. Adik Kebutuhan manusia tidak terpenuhi
9. Paman Akan timbul berbagai macam penyakit
10. Bibi Kehidupan manusia akan terganggu

Kesimpulan :
Jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap alam maka kehidupan manusia akan terganggu.

Menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber energi, dapat dilakukan oleh diri sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita. Media yang dapat digunakan untuk melakukan ajakan tersebut dapat berupa poster.

Amati dan cermatilah poster berikut yang menunjukkan kepedulian terhadap sumber daya alam yakni air. Poster yang mengajak kita berhemat air sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ketersediaan air bersih.

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo, kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.

Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi.

Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca. Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas
1. Buatlah poster usaha pelestarian sumber daya alam dari bahan bekas.
2. Tulislah kampanye hemat energi pada kertas kardus bekas.
3. Buatlah yang menarik. Bingkai poster dari bahan bekas

Bingkai poster dari bahan bekas
Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah-langkah berikut!
Prosedur pembuatan bingkai foto, berikut.

Bahan: Kardus bekas

Peralatan:
1. Gunting
2. Penggaris
3. Pensil
4. Lem
5. Plastik mika
6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera

Cara membuat:
1. Buatlah pola bingkai foto sesuai dengan ukuran foto yang diinginkan.
2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
3. Lapisi kardus dengan kertas kado dan gunakan lem untuk menempelkannya.
4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.
6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 131

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang memahami usaha pelestarian lingkungan alam

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Nilai yang saya pelajari adalah percaya diri, peduli, tanggung jawab

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Keterampilan yang saya kuasai adalah keterampilan melakukan wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Setelah melalaui pembelajaran hari ini saya akan lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ajaklah orang tuamu untuk merencanakan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.