Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 160 dan 161, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 160 dan 161, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 160 dan 161, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 9, Subtema 4 untuk Kelas 4 SD/MI berikut.

Tema 9 yaitu Kayanya Negeriku. Subtema 4 Karyaku Prestasiku, Pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 160 sampai 161.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas yaitu ‘simulasi dokter cilik’, ‘membuat komik’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman belajar. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban Tema 9 Kelas 4 ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Tahukah kamu pepatah yang berbunyi “Mencegah lebih baik daripada mengobati”? Ya, salah satu cara mencegah timbulnya bencana alam adalah dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk merangsang pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya berperilaku bijaksana terhadap alam.

Alam itu sangat penting. Kita bisa memenuhi berbagai kebutuhan karena melimpahnya sumber daya alam kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikannya.

Bermain peranlah dengan anggota kelompokmu. Tuliskan skenario cerita tentang penyuluhan akan arti pentingnya menjaga dan merawat lingkungan alam.

Kegiatan 1

Bermain Peran

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuanmu mengenai perilaku yang bijaksana terhadap alam. Kamu dapat menunjukkan akibat-akibat terganggunya lingkungan alam. Bekerja samalah dengan salah satu temanmu. Ada anak yang menjadi penyuluh, ada anak yang menjadi masyarakat.

Dalam kegiatan ini, lakukan dialog dengan bahasa yang benar. Dialog berisi tentang perilaku yang tidak bertanggung jawab terhadap alam dan akibatnya.

Anak yang menjadi masyarakat juga menanyakan perilaku yang sebaiknya dilakukan terhadap alam. Tulislah dialog yang dan masyarakat. akan diperankan. Kemudian, praktikkan seolah-olah menjadi penyuluh dan masyarakat.

Langkah Kegiatan:

1. Menentukan pasangan dalam melakukan kegiatan ini.

2. Mencari informasi mengenai perilaku yang bijaksana dan yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan alam.

3. Menuliskan dialog untuk mempraktikkan penyuluh dan masyarakat.

4. Berlatih mengucapkan dialog yang dibuat.

5. Mempraktikkan penyuluh dan masyarakat.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.