Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 77 79 80 81 82 83, Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Pembelajaran 4

by -
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 77 79 80 81 82 83, Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 77 79 80 81 82 83, Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Pembelajaran 4

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut membahas tentang pembelajaran 4, Subtema 2, Tema 9, untuk Kelas 4 SD/MI.

Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 4 yang terdapat pada halaman 75 sampai 83.

Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI, Tema 9 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia, Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Kunci jawaban merupakan pembahasan dan uraian dari soal yang terdapat pada pembelajaran 4 halaman 77, 79, 80, 81, 82, dan 83. Materi untuk pembelajaran 4 ini meliputi ‘mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari’, ‘menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber daya alam’, ‘wawancara’.

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 95, 96, 98, 99, dan 100, Subtema 2 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!

Keanekaragaman sumber daya alam mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa bisa demikian? Coba jelaskan!

Ayo Membaca

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Misalnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air.

Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikannya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
– Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam
– Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan
– Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam
– Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air
– Menggunakan energi alternatif.

2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh pemanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat.

Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 77

Ayo Berlatih

Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari.
Jawaban:
Tabel perilaku orang-orang di sekitarku yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari

Perilaku Orang-Orang di Sekitarku
Contoh perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam Contoh perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam
Menggunakan listrik sehemat mungkin Menyalakan alat listrik walau tidak digunakan
Mematikan alat listrik bila sudah tidak dipakai Menebang pohon secara sembarangan di hutan
Mengambil hasil hutan sesuai keperluan Mengambil hasil hutan secara berlebihan
Menerapkan sistem tebang pilih di hutan Menggunakan air dengan boros
Melakukan reboisasi hutan Membuang sampah dan limbah ke sungai
Memakai bahan bakar fosil sehemat mungkin Menggunakan bahan bakar fosil berlebihan
Mengganti bahan bakar fosil dengan biogas Menangkap ikan menggunakan bom ikan
Memakai air sehemat mungkin Memburu hewan hewan langka
Menjaga kebersihan sungai Mengoleksi tanaman langka
Tidak membuang sampah ke sungai Merusak terumbu karang di laut

Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsung bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Ayo Membaca

Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau. terjadi?

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Hasil lain dari pengolahan minyak bumi ternyata juga masih bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer. Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik. Jika kamu pergi ke dapur, ternyata banyak juga peralatan yang memanfaatkan minyak bumi. Alat-alat dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi, dan meja ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya. Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 79 80 81

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu sebutkan gagasan pokok dan pendukung setiap paragrafnya. Berdasarkan bacaan di depan, kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya alam berupa air selain sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Kamu dapat mencari informasi dan data pendukung dari buku, majalah, koran, maupun artikel.
Jawaban:
Gagasan pokok dan gagasan pendukung teks Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Paragraf Keterangan
Paragraf 1 Gagasan pokok Minyak bumi mineral yang sangat dibutuhkan manusia
Gagasan pendukung
  1. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada dibagian kerak bumi.
  2. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak.
Paragraf 2 Gagasan pokok Terbentuknya minyak bumi selama jutaan tahun
Gagasan pendukung
  1. Sisa tanaman dan hewan tergerak karena pergerakan lempeng bumi. 
  2. Sisa tanaman dan hewan menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam.
Paragraf 3 Gagasan pokok Hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair.
Gagasan pendukung Minyak bumi harus diolah dan diproses penyulingan dan pemumian khusus
Paragraf 4 Gagasan pokok Hasil olahan minyak bumi berperan dalam industri kimia.
Gagasan pendukung Produk hasil olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik.
Paragraf 5 Gagasan pokok Minyak mentah menjadi sumber polimer
Gagasan pendukung
  1. Polimer sangat penting dalam beberapa jenis industri.
  2. Industri yang mamakai polimer adalah industri plastik.
Paragraf 6 Gagasan pokok Banyak peralatan memanfaatkan minyak bumi.
Gagasan pendukung
  1. Alat-alat dapur menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya.
  2. Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas untuk mengolah aluminium, besi, atau baja.

Berdasarkan bacaan diatas, kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya alam berupa air selain sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kamu dapat mencari informasi dan data pendukung dari buku, majalah, koran, maupun artikel.
Jawaban:

Sumber Energi Minyak Bumi

1. Jelaskan proses pembentukan minyak bumi!
Jawaban:
Terbentuknya minyak bumi terjadi ketika sisa tanaman dan hewan yang telah menjadi fosil bereaksi dengan gas alam.

2. Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui?
Jawaban:
Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukannya berlangsung selama jutaan tahun

3. Sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia!
Jawaban:
Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak, cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 81 dan 82

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.
Jawaban:
LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Siti

Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara:

No. Nama Narasumber Jawaban
1. Orang Tua Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka alam akan menjadi rusak
2. Ketar RT Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka akan terjadi pemanasan global.
3. Keponakan Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka akan timbul bencana alam
4. Tetangga Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka alam menjadi tidak seimbang
5. Teman Sekelas Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka terjadi pencemaran lingkungan
6. Anak tetangga Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka sebagian sumber daya alam akan musnah
7. Kakak Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka ekosistem akan terganggu
8. Adik Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka kebutuhan manusia tidak terpenuhi
9. Paman Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka akan timbul berbagai macam penyakit
10. Bibi Jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam maka akan terjadi pencemaran lingkungan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 83

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajat tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber daya alam

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Nilai yang saya ambil pada pembelajaran kali ini adalah percaya diri, peduli, tanggung jawab.

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Keterampilan yang saya kuasai antara lain wawancara tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber daya alam.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Setelah pembelajaran kali ini saya ingin lebih bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar

Kegiatan Bersama Orang Tua

Mintalah orang tuamu bercerita tentang kondisi lingkungan alam di sekitar tempat tinggalmu pada waktu orang tuamu kecil. Kemudian bandingkan kondisi lingkungan alam pada waktu orang tuamu kecil dengan kondisi sekarang.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.