Kunjungi “Bali” nya Sumbar, Gubernur Mahyeldi Sebut Taluak Sikulo Punya Potensi Besar

by -

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, Minggu (13/2/2022) mengunjungi objek wisata yang sedang hits di Sumatera Barat, Taluak Sikulo, di Pesisir Selatan. Pesona pantai yang menjadi spot selfie favorit para milenial ini disebut gubernur memiliki potensi besar menjadi wisata andalan Sumbar.

Kondisi pantai yang dangkal dengan pasir putih halus dihiasi gundukan bukit-bukit yang cantik, serta air laut yang berwarna biru, menjadi daya tarik objek yang berada wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, ini. Semakin spesial dengan keberadaan batu karang yang disebut batu baajuang yang disebut mirip dengan suasana pantai di Bali.

“Luar biasa potensinya untuk dikembangkan. Pantainya dangkal cocok untuk homestay terapung. Lahannya juga luas bisa untuk camping ground dan juga trabas. Ada perbukitan dan batu karangnya sehingga disebut wisatawan sebagai Bali nya Sumbar,” kata Buya Mahyeldi.

Dalam kunjungan tersebut, gubernur juga berdialog dengan tokoh masyarakat pengelola kawasan Taluak Sikulo, Ujang Sahrul. Menurutnya kunjungan wisatawan ke Taluak Sikulo hampir selalu ramai setiap hari, terlebih lagi pada akhir pekan. Umumnya berasal dari luar Sumbar seperti Pasir Pangaraian, Teluk Kuantan, dan Lipat Kain, Provinsi Riau.

Ujang Sahrul mengaku siap mendukung jika ada rencana pembangunan atau investor yang ingin mengembangkan kawasan wisata yang juga bersebelahan dengan Pantai Batu Kalang, ini.

“Kalau ada pembangunan disini oleh pemerintah kami sangat mendukung dan tidak akan menghambat, sebab pembangunan akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucap Ujang yang mengaku sudah mengelola kawasan tersebut secara turun temurun.

Gubernur menyambut positif dukungan tersebut. Hal itu menurut Buya yang dibutuhkan dari masyarakat untuk mempercepat laju pembangunan daerah.

Berbagai pembangunan infrastruktur menurut Buya Mahyeldi, baik yang sedang maupun dalam perencanaan, akan mendukung akses pariwisata Sumbar. Diantaranya pembangunan akses jalan Alahan Panjang – Bayang yang mendekatkan akses dari timur ke selatan.

Selama berada di Pantai Taluak Sikulo, gubernur berinteraksi dengan beberapa rombongan wisatawan yang berasal dari Bukittinggi, Payakumbuh, hingga dari Medan. Kepada pengunjung, gubernur mengingatkan wisatawan agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga menjaga prokes.(*)

Dinas Kominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.