Kunjungi NPC Padang, Audy Joinaldy Beri Semangat Para Atlit PEPARNAS Sumbar

by -

SEMANGATNEWS.COM – Puluhan atlIt difabel asal Sumatera Barat terus genjot persiapan untuk persiapan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua Tahun 2021.

Terkait pemberitaan diberbagai media yang mengatakan atlet Peparnas Sumbar belum cair dana untuk melakukan training, termasuk kebutuhan harian atlit yang tengah berlatih. Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, lansung melakukan peninjauan ke National Paralympic Comitte (NPC) of Padang, untuk melihat dan mendengar secara lansung dari para atlet Sumbar yang sedang berlatih, Selasa (19/10/2021).

“Ini sangat miris sekali, saya dengar ada atlit yang harus menjual kendaraan pribadi seperti mobil dan motor untuk memenuhi kebutuhan selama masa latihan serta untuk bekal bagi keluarga yang ditinggalkan selama mereka mengikuti pertandingan,” ucapnya.

Wagub Sumbar berharap permasalah ini ke depannya tidak terjadi lagi. Bahkan Ia berjanji akan segera mendorong agar OPD terkait segera mencairkan pada anggaran perubahan APBD 2021 ini.

Audy mengatakan sejak terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, tidak ada lagi diskriminasi perhatian pemerintah terhadap atlit disabilitas dan non-disabilitas.

“Tidak ada diskriminasi, semua memiliki hak yang setara. Kita akan usahakan, agar segera bisa dicairkan,” tegasnya.

Audy pun berharap sikap tidak membeda – bedakan perhatian kepada para atlet baik disabilitas maupun tidak, juga bisa diimplementasikan di seluruh daerah.

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa pimpinan pemerintah daerah yang belum memberi perhatian yang sama kepada kelompok disabilitas, termasuk dalam pembinaan olahraga.

“Banyak hal positif yang telah diperbuat para atlet untuk nama baik daerah, semua itu layak untuk dijadikan alasan kenapa pemerintah harus lebih peduli kepada mereka,” ungkap Audy.

Sementara itu, ketua NPC Sum­bar Arizal Aries sangat bersyukur dengan hadirnya Wagub Audy yang langsung memberikan perhatian terhadap para atlet Sumbar.

“Alhamdulillah, kami sangat senang dikunjungi Uda Audy, kehadiran beliau menjadi semangat bagi kami. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh Wagub Sumbar,” ujarnya.

Arizal menuturkan, berkat perhatian pemerintah Sumbar, para atlit disabilitas makin percaya diri dan berjanji untuk memberikan penampilan maksimal di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua.

“Rencananya, NPC Sumbar akan mem­be­rang­katkan 86 atlet disabilitas, untuk itu kami mohon anggaran untuk para atlet dapat segera kami dapatkan, termasuk untuk pelatih dan medis serta massage ke Paparnas di Papua,” harapnya.

Selanjutnya Ketua NPC Padang Abraham Ismet juga menyampaikan sebagai bukti keseriusan, meski ditengah keterbatasan dana, para atlet terus berlatih untuk bisa mengharumkan nama Sumbar.

“Ini merupakan bentuk keseriusan para atlit, mereka tetap berlatih, walaupun dalam kondisi penuh keterbatasan,” sebutnya.

Terlihat memang ketika melakukan latihan, mereka menggunakan peralatan seadanya. Namun kondisi ini tidak pernah mengurangi semangat para atlet NPC Sumbar tersebut, bahkan mereka semakin termotivasi untuk meraih prestasi.

“Kami cukup bangga, karena kondisi itu tidak mengurangi semangat para atlit. Para atlet terus latihan setiap hari. Bahkan ada yang melakukan latihan tiga kali sehari setiap hari,” tambahnya.

Pada acara kunjungan tersebut Wagub Audy serahkan vitamin dan buah-buahan kepada para atlit untuk menunjang kebutuhan nutrisi saat melakukan latihan.

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.