Kurangi Abrasi, TNI bersama Warga Kerja Bakti Pembuatan Tanggul di Muara Sungai Serayu dan Pantai Karang

by -

Kurangi Abrasi, TNI bersama Warga Kerja Bakti Pembuatan Tanggul di Muara Sungai Serayu dan Pantai Karang

Semangatnews, Cilacap – Prihatin dengan kondisi Sungai Serayu dan wilayah pesisir pantainya, anggota Koramil 06/Kesugihan bersama kurang lebih 100 orang warga Dusun Winong Desa Slarang, secara swadaya melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan tanggul penanggulangan abrasi muara Sungai Serayu dan pesisir Pantai Karang Dusun Winong Kecamatan Kesugihan sepanjang 100 meter, Senin (24/8/2020).

Dari Koramil 06/Kesugihan dipimpin Babinsa Winong Serka Suharto, sedangkan dari warga, Kepala Dusun Winong Rasikun turun langsung memimpin warganya bersama Anggota Forum Masyarakat Winong Peduli Lingkungan (FMWPL).

Dengan semangat gotong royong, pembuatan tanggul semi permanen tahap 2 ini, karung yang tersedia diisi dengan pasir untuk selanjutnya disebar di sepanjang bibir Sungai Serayu dan pesisir Pantai Karang Dusun Winong. Bahkan untuk memperkuat tanggul, batang pohon kelapa yang telah terbelah ditanam kuat disertai anyaman batang bambu yang ditumpuk tinggi.

Dengan kebersamaan dari semua pihak baik dari Koramil 06/Kesugihan dan masyarakat, BNPB maupun warga, akhirnya pembuatan tanggul semi permanen cepat selesai. Kita dari Koramil Kesugihan hanya sekedar membantu namun kepedulian dan kerjasama semua pihak lah yang membuat pembuatan tanggul ini cepat selesai, semoga tanggul ini dapat mengurangi abrasi di muara Sungai Serayu dan Bibir Pantai Karang Dusun Winong ini,” Tutur Serka Suharto.

Sementara itu, Rasikun selaku Kepala Dusun Winong mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama anggota TNI dari Koramil 06/Kesugihan yang cepat bertindak serta mensuport warga sehingga pembuatan tanggul cepat selesai. Peran anggota TNI sangat besar terhadap penyelesaian tanggul ini untuk itu kami mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih. Kita berharap semoga tanggul yang dibangun bersama ini bermanfaat dan tahan lama,” ungkapnya. (Urip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.