Lansia Sekolah TK, Inovasi Layanan Terbaru Dinas Dukcapil

by -
FB_IMG_1565078311078

Lansia Sekolah TK, Inovasi Layanan Terbaru Dinas Dukcapil

Semangatnews, Payakumbuh – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Payakumbuh terus berinovasi dalam layanan. Terbaru, meluncurkan program inovasi LANSIA SEKOLAH TK singkatan dari peLAyaNan langSung Identitas Anak di SEKOLAH Termasuk aKta.

“Inovasi LANSIA SEKOLAH TK ini kita adakan dalam rangka perlindungan dan pemenuhan hak warga negara, terutama anak usia 0 – 17 tahun untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA),” ujar Sekretaris Dukcapil Devi Yanti, Senin (5/8).

Dikatakan, untuk kesuksesan program tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Secara bertahap, program dimulai dari jenjang SD di 5 (lima) kecamatan yang telah direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan.

“Setiap sekolah yang dikunjungi diberikan pelayanan untuk pembuatan KIA dan Akta Kelahiran, sehingga seluruh siswa/i sekolah tersebut tuntas telah memiliki KIA dan akte kelahiran,” beber Devi.

“Kita akan beri piagam penghargaan bagi kepala sekolah yang seluruh siswanya sudah punya akte dan KIA, sekaligus sekolahnya menjadi sekolah percontohan,” sambungnya.

Dijelaskan, sejauh ini pihaknya sudah mendatangi sejumlah sekolah, diantaranya SDN 13 Aur Kuning Payakumbuh Selatan, SDN 31 Payakumbuh Timur, SDN 02 Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat, dan SDN 04 Kecamatan Payakumbuh Utara.

Disamping inovasi LANSIA SEKOLAH TK, inovasi layanan lainnya seperti ; SINI KAKEK SELEB (Siap Nikah Kartu Keluargaku Selesai Dibuat), PUBER ANAK MILENIA (Pulang Bersalin Anak Mendapat Akta Lahir Anak dan Identitas Anak) dan SI CECE URUS KAKEK KU (Siap Cerai Cepat Urus Kartu Keluarga Ku).

Kemudian ada layanan PELAKOR TUA dan Disabilitas (Pelayanan KTP-el orang tua dan Disabilitas), SORE UAS (Sosialisasi – Rekam KTP-el Anak Sekolah), SORE JK (Sosialisasi – Rekam KTP-el Jemput Berkas Akta), Program Pelayanan Hari Libur (Sabtu-Minggu), Program Payakumbuh Takziah dan berbagai inovasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.