Lima Siswa SMP Perwakilan Sumbar Ikut Seleksi GSI Nasional 2021 Seluruhnya Dari Kota Randang

by -

SEMANGATNEWS.COM – Prestasi membanggakan datang dari dunia pendidikan Kota Payakumbuh. 5 siswa SMP yang mewakili Tim Provinsi Sumatera Barat dalam Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional tahun 2021, semuanya adalah siswa dari Kota Randang.

Kepala Dinas Pendidikan DR. Dasril Dt. Sati Nan Pandak saat ditemui media di ruang kerjanya, Kamis (4/11), mengatakan 5 siswa dari SMP Negeri di Kota Payakumbuh ini akan mewakili Sumatera Barat di ajang Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2021 yang direncanakan bakal dihelat di Bogor Jawa Barat, 16 hingga 30 November 2021 mendatang.

Mereka adalah Muzakki Afif Indra dan Naufal Dzaky Ansyori dari SMPN 1 Payakumbuh, Adrian Maulana Putra dari SMPN 2 Payakumbuh, Muhammad Daffa Alfarizi dari SMPN 4 Payakumbuh, dan Frans Maulana dari SMPN 9 Payakumbuh. Data tersebut sebagaimana tertera pada surat Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek bernomor :269/J3/DM.00.3/2021 yang ditanda tangani Asep Sukmadi di Jakarta tanggal 28 Oktober 2021.

Dasril menyampaikan rasa syukur dan akan memberikan support kepada tim yang lolos ini, karena ini merupakan prestasi yang membanggakan, dimana Kota Payakumbuh masih menjadi yang terbaik untuk urusan sepakbola siswa, karena 3 tahun terkhir Kota Payakumbuh selalu mewakili Sumbar ke tingkat Nasional.

“Seleksi tingkat Sumbar sejak Agustus 2021 diikuti oleh 4 Kab/Kota yang mengirim peserta seleksi pemain dan pelatih yakni Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pasaman,” kata Dasril.

Dasril mengatakan pihaknya belajar dari pengalaman lolos GSI tahun lalu di tingkat nasional, tim dari Kota Payakumbuh langsung mengambil langkah antisipasi berbagai kemungkinan dalam iven tersebut.

“Apalagi tahun ini pelatih yang lolos akan membawa tim Sumbar bukan dari Kota Payakumbuh tapi dari Kota Padang, hal ini sudah kita koordinasikan, dan anak-anak sudah kita dorong agar adaptatif dengan ini. Kalau mereka lolos di Timnas, mereka akan dilatih oleh PSSI,” terang Dasril didampingi Kabid Pendidikan Dasar Fiqih Rahmat.

Hal ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Wulan Denura. Legislator dari Gerindra itu bangga dengan capaian insan pendidikan ini, menurutnya adalah hal yang luar biasa SDM muda dari Kota Randang bisa menjadi yang terbaik di kancah provinsi untuk olahraga sepak bola.

“Kota Payakumbuh mewakili Sumbar, dan siswa-siswa ini kabarnya tidak hanya sekali ini mewakili Sumbar karena juga bermain di club bola, semoga menambah harum nama Kota Payakumbuh dengan penampilan mereka nantinya, Payakumbuh hebat!” pungkas Wulan.

Ke 5 siswa tersebut menjadi kebanggaan oleh Defi Marlitra Kepala SMP 1 Payakumbuh, Desfiwati Kepala SMP 2 Payakumbuh, Mardiyus Kepala SMP 4 Payakumbuh, dan Syafrida Kepala SMP 9 Payakumbuh, serta kelima orang tua tim GSI Sumbar itu. (07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.