Lomba Nagari Berprestasi, Muaro Paiti Dinilai Tim Tingkat Provinsi

by -

Lomba Nagari Berprestasi, Muaro Paiti Dinilai Tim Tingkat Provinsi

SEMANGATNEWS.COM-Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota kini masuk lima besar Nagari dan Desa Berprestasi di Sumatera Barat, dalam penilaian Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian Kabupaten Limapuluh Kota dalam lomba Nagari/Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), memasuki tahap pemaparan Wali Nagari serta pengecekan langsung terhadap terhadap unsur-unsur penilaian seperti penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan dan partisipasi warga, hubungan antar lembaga di nagari, serta koordinasi dengan perangkat pemerintah lainnya.

Penilaian ini dilakukan Tim Evaluasi Pengembangan Nagari Provinsi Sumatera Barat diketuai oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat Amasrul, SH berlangsung di Kantor Walinagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX pada Senin (20/062022).

Kedatangan Tim Penilai disambut ratusan masyarakat yang semangat menghadiri penilaian meski saat penyambutan dibawah cuaca panas terik. Apalagi antusias masyarakat karena kedatangan Tim Penilai Provinsi tersebut juga didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Mikar, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota Ny. Nevi Safaruddin, serta Kepala OPD terkait, Forkopimca, unsur Nagari dan Niniak Mamak.

Bupati Safaruddin menyampaikan, rasa terima kasih kepada Tim Penilai yang sengaja datang ke Nagari Muaro Paiti. Seterusnya beliau mengatakan, bahwa Muaro Paiti menjadi yang terbaik diantara 79 nagari lainnya di Limapuluh Kota pada tahun 2022 ini.

“Dua tahun dilanda Pandemi Covid-19, tentunya telah menghancurkan perekonomian masyarakat. Namun, Muaro Paiti menjadi salah satu nagari yang mampu berinovasi dalam situasi sulit tersebut dengan tetap bertahan secara ketahanan kesehatan dan ekonomi,” ucap Bupati Safaruddin.

Seterusnya bupati menyatakan keikutsertaan Muaro Paiti menjadi salah satu dari 5 nagari terpilih di Sumbar tentunya dapat menjadi wadah pembuktian bahwa pembangunan segala aspek di daerah maupun nasional dimulai dari nagari maupun desa terlebih dahulu.

Lebih lanjut Bupati Safaruddin, dalam sambutannya, merasa optimis bahwa perlombaan ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan masyarakat Muaro Paiti kedepannya. “Dengan berbagai inovasi dan kreativitas, seperti Padan (Pelayanan 1Administrasi Terpadu Nagari), olahraga tradisi selaju sampan, Program Satu Hati (Santunan Anak Yatim Nagari Muaro Paiti) namun tetap menjaga kearifan lokal yang masih melestarikan manjalang mamak dan Datuak Kaampek Suku pada momen Idul Fitri. Tentunya kami berharap Muaro Paiti meraih nilai maksimal nantinya,” harap Bupati Safaruddin.

Bupati turut berpesan kepada perangkat nagari, agar memberikan informasi serta menyajikan data sesuai indikator yang telah ditetapkan serta meminta masyarakat Muaro Paiti tetap kompak membangun nagari agar menjadikan Muaro Paiti sebagai poros pembangunan yang dapat mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani Beradat dan Berbudaya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 Tingkat Sumbar Amasrul, SH menjelaskan jika perlombaan nagari ini dapat memberikan motivasi dan wujud nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak hanya itu, penilaian tersebut juga dapat menjadi tolak ukur dalam mengevaluasi keberhasilan pembangunan dan pencapaian program dalam pembangunan nagari/desa,” ucap Amasrul.

Lebih jauh Amasrul memaparkan untuk mengetahui tingkat aktivitas, kemajuan, dan pembangunan kesejahteraan masyarakat diperlukan evaluasi perkembangan nagari setiap tahunnya. Perlombaan ini diselenggarakan dengan tujuan mendorong pemerintahan nagari untuk megenali potensi nagari, selanjutnya mengetahui capaian nagari dalam kurun waktu satu tahun serta melihat penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat.

“Poin penting dalam penilaian ini adalah bagaimana keterkaitan antara profil nagari dengan dokumen perencanaan dan penganggaran nagari serta inovasi yang dilakukan kepada masyarakat yang dilanda Pandemi Covid-19,” pungkas Amasrul.

Tim Penilai Lomba Desa Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2022 tingkat Provinsi ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH sebagai penanggungjawab. Kemudian Desrianto Boy, S.Pd.M.Si (Kabid Pemnag PMD), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan), Retma Nency, S.STP (PSM Ahli Muda), Drs. Aristo Munandar, MM (Pamong Senior), Dr. Sadrianto, M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol), Hafrizal, SKM.M.Kes (Dinas Kesehatan), Nuzurwan Erixon, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Dra. Hendrawati Roza, M.Si (Tim Penggerak PKK), Ir. Effi Zulfia Naros (PSM Ahli Muda PMD) dan Firmanto, SIP (PSM Ahli Muda PMD). Tim Penilai dibantu sekretariat Airassandi Vinika, S.STP dan Mettrawati, SE. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.