Mahyeldi Paparkan RPJMD 2021-2026, UNP Dukung Program Unggulan Sumatera Barat

by -
Dihadapan para Civitas Akademika UNP tersebut, Gubernur Sumbar memaparkan visi misi Pemerintah Provinsi Sumbar Mahyeldi Ansharullah sampiakan berbagai program unggulan tahun 2021-2026 yang akan wujudkan selama 3,5 tahun mendatang.

SEMANGATNEWS.COM – Kunjungan ke Universitas Negeri Padang ( UNP) pemerintah provinsi Sumatera Barat ingin berkolaborasi dan minta masukan dalam penajaman RPJMD 2021 -2026 yang sedang disusun sebagai program kerja kepala daerah betul betul sesuai kebutuhan dan dapat diaplikasikan di masyarakat. Salah satu kekuatan potensi Sumatera Barat adalah kapasitas sumberdaya manusia (SDM), Universitas Negeri Padang merupakan salah satu yang mencetak para pendidik yang handal.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansyarullah, saat melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. di ruang rapat Senat gedung UNP, Rabu (17/3/2021).

Hadir ikut mendampingi Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Benny Warlis, Kadis Pendidikan, Kadis Kebudayaan, Kepala Badan Litbang, Kepala Bappeda dan Kepala Biro Humas Setda Sumbar.

Gubernur katakan saat ini pemerinrah provinsi Sumbar terus melakukan pendekatan dengan berbagai pihak, termasuk memperkuat sinergitas dengan  (UNP) dengan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Dihadapan para Civitas Akademika UNP tersebut, Gubernur Sumbar memaparkan visi misi Pemerintah Provinsi Sumbar ke depan, serta berbagai program unggulan tahun 2021-2026 yang akan wujudkan selama 3,5 tahun mendatang.

“Kita menyadari bahwa sumberdaya manusia yang mumpuni memang adanya di perguruan tinggi. Namun demikian, Perguruan Tinggi bukanlah lembaga yang elitis dan menara tinggi. Tapi harus bisa dicapai anak-anak untuk mewujudkan Sumbar Madani dan Unggul. Mari kita bersama-sama membangun daerah ini. Sebab keberhasilan itu ada di pundak kita semua,” imbau gubernur.

Mahyeldi juga sampaikan upaya meretas kemiskinan, mewujudkan Sumbar yang lebih baik dan berdaya saing, tidak akan berhasil dengan baik apabila dilakukan hanya oleh pemerintah daerah. Dibutuhkan peran serta perguruan tinggi dan pihak-pihak lainnya bersinergi bersama membangun daerah ini.

“Untuk mewujudkan sektor pendidikan dan sdm yang berkualitas unggul pemerintah Sumbar akan membuat MoU dengan UNP dan perguruan tinggi lainnya”, ujarnya.

Mahyeldi juga menyampaikan ada banyak masukan dan saran yang terungkap dari pertemuan ini mulai sisi ekonomi, UMKM, pendidikan, pertanian, teknologi sampai kepada masalah jalan Tol, semua masukan akan menjadi pengayaan RPJMD dan akan ditindak lanjuti melalui MoU.

Pemerintah Sumbar akan tetap fokus pada upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Pelayanan pada sektor pendidikan, kesehatan, dan program peningkatan daya beli masyarakat akan tetap prioritas dan penting.

Sementara Universitas Negeri Padang Rektor UNP Prof. Ganefri mengatakan siap mendukung Program Unggulan (Progul) pemerintah Provinsi Sumbar.
Tugas lain yang juga menjadi prioritas adalah program mengurangi pengangguran dengan lebih meningkatkan pemberdayaan UMKM, mendorong program bidang pariwisata, dan kerja sama pelatihan industri.

“Salah satunya Program Unggulan Gubernur Sumbar yaitu dalam bidang Pendidikan, Universitas Negeri Padang siap memberikan dukungan tim ahli untuk melakukan kajian terhadap pengembangan Pendidikan vokasi dan pemerataan Pendidikan”, ujarnya.

Ganefri juga katakan, dibidang beasiswa prestasi kuliah bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan baik di perguruan tinggi yang ada di Sumbar maupun Indonesia dan Internasional setiap tahunnya, UNP akan membantu melalui sistem penerimaan mandiri jalur kerja sama dengan Pemerintah Daerah. (hms-sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.