Manfaat Puasa Ayyamul Bidh Muharram di Jadwalkan pada 22-24 Agustus 2021

by -
ilustrasi manfaat puasa Ayyamul Bidh/foto jamilazzani

SEMANGATNEWS.COM – Puasa Ayyamul Bidh Muharram dilaksanakan pada tanggal 22-24 Agustus 2021 atau 13-14 Muharram 1443 H.

Puasa Ayyamul bidh dilaksanakan selama 3 hari dipertengahan bulan Muharram.

Saat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh tentu ada tata cara dalam pelaksanaan puasa sunnah ini.

Dalam pelaksanaannya, puasa ini tidak jauh berbeda dengan puasa lainnya. Orang yang melakukannya tidak bolah melakukan hal-hal yang membuat puasa batal dari terbit fajar terbit hingga matahari terbenam.

Mulai dari membaca niat hingga membaca doa berbuka puasa yang tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, ada juga keutamaan dan manfaat Puasa Ayyamul Bidh di bulan Muharram 1443 H ini.

Berikut 5 Manfaat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh.

5 Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

Melihat dari dalil tentang puasa ayyamul bidh, ada beberapa manfaat yang terkandung di dalamnya, seperti:

1. Menghidupkan Sunnah
Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan puasa Ayyamul Bidh hingga beliau wafat. Puasa sunnah ini merupakan salah satu teladan yang baik untuk diikuti dan dilaksanakan sesuai yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Selain mengikuti sunnah, melakukan puasa ayyamul bidh juga akan memberikan pahala yang banyak, seperti berpuasa sebulan hingga setahun lamanya. Ini akan menjadi manfaat yang baik untuk lebih banyak beramal hingga mendapatkan pahala yang diterima oleh Allah SWT.

2. Pahala seperti Puasa Setahun
Pahala melakukan puasa tiga hari setiap bulannya seperti melakukan puasa sepanjang tahun, karena pahala satu kebaikan adalah sepuluh kebaikan yang sama. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda:

“Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari di setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kamu lakukan. Karena itu, puasa ayyamul bidh sama dengan puasa setahun penuh.” (HR Bukhari-Muslim).

3. Waktu untuk Badan Beristirahat
Dengan melakukan puasa ayyamul bidh, seseorang bisa memberi waktu istirahat pada anggota badan setiap bulannya. Sebab, seperti puasa lainnya, manfaat berpuasa akan dirasakan pada seseorang yang rutin melakukannya.

Salah satu manfaat kesehatan puasa ditemukan oleh studi Jurnal Ners. hasilnya, ada orang yang sehat, puasa dapat mencegah penyakit kardiovaskuler dengan membantu menjaga berat badan, tekanan darah, LDL dan trigliserida dalam batas normal.

4. Mendapatkan Surga Ar-Rayyan
Surga Ar Rayyan merupakan salah satu pintu surga yang diperuntukkan bagi umat muslim yang selalu berpuasa sepanjang hidupnya. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa, tidak akan memasukinya.

“Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR Bukhari Muslim).

5. Menghidupkan Kebiasaan Rasul
Dalam sebuah percakapan antara Mu’adzah yang bertanya kepada Aisyah tentang ibadah puasa selama tiga hari berturut-turut di setiap bulannya yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW dan kapan saja waktu untuk melaksanakannya.

“Apakah Rasulullah SAW senantiasa berpuasa tiga hari setiap bulannya?”. ‘Aisyah menjawab: “Iya,”. Aku (Mu’adzah) pun lalu bertanya lagi: “Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?”. ‘Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).” (HR At-Tirmidzi).***

(SN)

ssumber: orami.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.