Masyarakat Menunggu Cadang Migas Sumbar Produksi, Gubernur Mahyeldi Akan Bicarakan Dengan Kementrian ESDM RI

by -
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meninjau ke Blok South West Bukit Barisan, di kabupaten Sijunjung, Sabtu (13/3/2021)

SEMANGATNEWS.COM –  Provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai potensi sumber daya alam,  termasuk minyak bumi dan gas. Saat ini di kabupaten Sijunjung-Sumatera Barat memiliki cadangan migas yang berpotensi akan dieksplorasi oleh pihak pengembang oleh PT Rizki Bukit Barisan (RBB).

Dan telah diketahui potensi yang ada pada blok ini memiliki ketersediaan gas sekitar 35 mmscfd atau setara dengan 210 Mega Watt (MW) listrik di SKK Migas Sumur Sinamar #2 yang belum dieksplorasi produksinya.

Mendengar hal tersebut Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan itu langsung meninjau ke Blok South West Bukit Barisan, Sijunjung Sabtu (13/3/2021)

Gubernur dalam kesempatan itu katakan, kebutuhan minyak dan gas semakin tinggi untuk kegiatan ekonomi dan pertumbuhan nasional. Oleh karena itu, Gubernur Sumbar merencanakan Blok Migas Sijunjung bisa melakukan produksi, namun itu akan dibicarakan terlebih dahulu dengan Menteri ESDM ataupun Menteri terkait.

“Dan diketahui di Sumatera saja masih kekurangan listrik, nanti kita bicara dengan pihak-pihak terkait, termasuk membicarakan di tingkat Menteri,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi berharap kegiatan ini bisa produksi yang telah direncanakan oleh SKK Migas bersama KKKS dapat berjalan lancar dan tanpa kendala berarti. Dan Pemprov Sumbar berkomitmen selalu memberikan keuntungan untuk masyarakat.

“Kita berupaya akan mempersiapkan pembelinya, seperti PLN. Karena kita di Sumatera masih kekurangan daya listrik, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seharusnya PLN sudah bisa membelinya,” ujarnya

Gubernur juga tegaskan , daerah kita  memiliki cadangan minyak yang cukup tersedia, namun demikian ia berharap perusahaan Migas yang ada di Sumbar ini bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Permasalahannya sekarang bagaimana kita bisa izin mengeksploitasinya keluar. Tentunya hal ini nanti akan kita bicarakan di provinsi dengan pihak-pihak terkait. Kita juga inginkan kerjasama antara instansi dan perusahaan ada timbal baliknya, sehingga perusahaan bisa pro aktif dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergi yang ujungnya menimbulkan efek di masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang didampingi oleh Wabup Sijunjung Irradatillah turut menambahkan, apabila Sumur Sinamar sempat eksplorasi produksinya, maka menyampaikan SKK Migas memastikan Sumbar akan menjadi penghasil minyak dan gas bumi (migas) dalam dua tahun mendatang, setelah ditemukan cadangan migas di Kabupaten Sijunjung.

Dikatakannya, pihak PT Rizki Bukit Barisan sudah sempat bernegosiasi bersama pihak PLN yang difasilitasi langsung oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar.

“Sampai saat ini masih sebatas wacana, mudah-mudahan dengan hadirnya Gubernur Sumbar disini, bisa memberi peluang untuk menjadi kenyataan,” imbuh Benny. (hms-sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.