Menelusuri Jejak Akidio Tio: Sejak Tahun 1976 Merantau ke Palembang dan Jakarta

by -

Menelusuri Jejak Akidio Tio: Sejak Tahun 1976 Merantau ke Palembang dan Jakarta

SEMANGATNEWS.COM- Misteri Dermawan penyumbang Rp 2 T di Palembang, Sumsel sedikit terkuak dari cerita seorang tokoh Tiongha bernama Samsoe di kota Langsa.

Berita penyumbang terbesar untuk penanganan Covid 19 di Sumel, menjadi heboh dan viral. Bahkan Wartawan Senior yang juga Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang angkat topi dengan keluarga Akidi Tio ini.

Lebih penasaran lagi, setelah dilacak jejak digitalnya oleh Ilham Bintang, tidak ditemukan Akidi Tio dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Ilham Bintang sedikit menyindir pengusaha yang tergabung dalam organisasi Kadin dan dekat dengan istana, kok pada tiarap.
Kini, muncul tiba tiba keluarga Tio menyentakan kita semua membantu negara yang dalam kungkungan kesulitan.
Ilham pun membuat tulisan panjang lebar tentang penyumbang ini dengan judul; Akidi Tio; Ay lap yu pul.

Dan untuk memperoleh informasi terkait keberadaan keluarga Akidi Tio di Langsa, Wartawan kami, Andy berupaya menjumpai seorang tokoh suku Tionghoa di Kota Langsa.

Ia adalah bernama Samsoe, tokoh suku Tionghoa Langsa, ditemui, Senin, (27/7/2021) mengatakan, bahwa Akidi Tio lahir dan besar di Langsa berdomisili di jalan Iskandar Muda kota Langsa. Ketika itu masih bernama Kabupaten Aceh Timur.

“Pada tahun 1976 seluruh keluarga Akidi Tio pindah ke Palembang dan Jakarta. Sekarang ini saudara Akidi Tio tidak ada lagi yang tinggal di Langsa” ujarnya.

Dahulu ada turunannya masih menetap di Langsa membuka usaha pabrik limun di jalan Gang Nasional Gampong  Blang Seunibong Kec. Langsa Kota yang bernama Ahok  merupakan anak kandung dari Akidi Tio.

Namun  Ahok  pun sudah meninggal lebih dari 5 tahun yang lalu dan anak-anaknya pun  sudah merantau di Pulau Jawa, Palembang dan Sumut.

Ditambahkan Samsoe, bahwa anak kandung almarhum Akidi Tio tidak diketahui persis  jumlahnya.

Dan setahu saya, ada satu orang  cucu almarhum yang bernama Sumardi alias Acien. “Acien ini teman kami” ujar Samsoe lagi.

Terkait wanita yang menyerahkan dana hibah tersebut, kalau tidak salah itu  merupakan cucu almarhum Akidi Tio yang bernama Ahoeng.

Menurut informasi, ada dua anak kandung almarhum Akidi Tio masing-masing, Pauluk dan Aguan menetap di Jakarta dan Palembang.

Sedangkan  Aguan merupakan Ketua Perkumpulan Perantauan Anak Langsa di Jakarta dan sekaligus Ketua Perkumpulan perantauan anak Langsa di Sumut di KM 12 jalan Medan-Binjai.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.