Mengenal Apa Itu MPLS 2021: Tujuan, Pengertian dan Singkatan dari MPLS

by -

SEMANGATNEWS.COM – Mungkin sebagian dari anda masih bingung dengan istilah MPLS.

MPLS merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Pernjelasan MPLS yang kami kutip dari laman wikipedia.

Baca juga: Twibbon MPLS Online 2021, Bingkai Foto Pilihan

Apa itu MPLS?

MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD).

Kegiatan MPLS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

Baca juga: Panduan, Cara Membuat Twibbon MPLS 2021 Daring/Online

Tujuan dari MPLS

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pelaksanaan MPLS

Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.

Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan kelompok OSIS.

 

 

wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.