Mengunjungi Seniman Seni Rupa “Urang Awak” di Yogyakarta dan Bandung Yusman, Pematung Yang Memainkan Peranan Sebagai Penanda Perjuangan Bangsa

oleh -
Yusman dan Patung Potret LB Mordani

Yusman salah seorang seniman “urang awak” memiliki keunikan tersendiri, pematung dengan gaya realis dan lebih banyak fokus pada sosok tokoh memiliki sejarah kepahlawanan, perjuangan, patriotisme, nasionalisme dalam bentuk monumen, diantara Jendreal Soedirman, dwi tunggal Soekarno dan Hatta, pahlawan revolusi, presiden RI dan banyak lagi.

Bahkan patung 6 (enam) presiden RI di Istana Bogor yang dikerjakan di akhir jabatan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono(2014) itu merupakan karya yang terbilang besar sebagai karya monumental berobyekan Presiden Soekarno, Suharto, BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono yang setiap ruang dan waktu disaksikan tamu-tamu negara termasuk publik di tanah air.

Artinya bagaimana karya patung itu dapat berinteraksi dengan orang yang mengamatinya, baik aspek perjuangan dan ketokohannya di Republik ini.

Baca Juga:  Trending! Download Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, Pasang Bingkai Foto Kerennya!

Selain itu juga terdapat puluhan relief perjuangan yang tersebar di banyak daerah dan provinsi di tanah air, belum termasuk relief penting kerja kolektif di sejumlah tempat dan lokasi di tanah air. Belum lagi karya-karya idealisnya yang cukup menarik perhatian publik di tanah air yang banyak melalui pameran tunggal dan kolektif.

Baca Juga:  Twibbon National Boyfriend Day: Bingkai Foto Selamat Hari Pacar 3 Oktober 2021

Dalam pameran tunggal, yakni pameran retrospektif “Menandai Indonesia” 32 tahun Yusman berkarya di Jogja Galeri tahun 2017 silam dan launching buku berjudul “Dari Pasaman Menuju ke Istana Presiden” di museum Affandi, Jalan Laksda Adisucipto, No. 167 Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta (2019).

No More Posts Available.

No more pages to load.