Meski Belum Ada Bantuan KONI, Sambo Sumbar Tetap Menuju Kejurnas

oleh -

Meski Belum Ada Bantuan KONI, Sambo Sumbar Tetap Menuju Kejurnas

SEMANGATNEWS.COM – Pengurus Provinsi Perkumpulan Sambo Indonesia (Pengprov Persambi) Sumatera Barat tetap memberangkatkan atletnya untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senior Sambo tahun 2022 yang akan berlangsung 9-11 Desember 2022 di GOR Bulungan Jakarta meskipun sampai saat ini belum ada kejelasan bantuan dari pengurus KONI Sumbar.

Ketua Pengprov Persambi Sumbar Hendri Gusman Dharma, S.Kom, M.Pd mengatakan, sampai saat ini KONI Sumbar belum bisa memberikan bantuan untuk cabor yang melaksanakan kegiatan termasuk untuk yang mengikuti Kejurnas. Apalagi di bulan Juni lalu, Persambi Sumbar juga sudah mengikuti Kejurnas Series II di Bandung, dimana sampai saat ini juga belum keluar bantuannya oleh KONI Sumbar.

“Kita memahami kondisi KONI Sumbar yang belum ada kejelasan soal pendanaan. Karena itu makanya untuk Kejurnas Senior besok kita terpaksa tidak memasukkan proposal bantuan lagi ke KONI. Apalagi khabarnya juga ada aturan bahwa setiap cabor hanya bisa dibantu satu kali bantuan oleh KONI. Sementara kita di Sambo, mungkin sama dengan beberapa cabor yang lain, pelaksanaan kejurnas atau Sirkuitnya bisa berlangsung bahkan sampai tiga kali,” ujar Hendri.

Ditambahkan oleh Hendri yang baru saja terpilih menjadi Ketua Persambi Sumbar ini pada prinsipnya ia melihat Sambo Sumbar berpeluang untuk terus berprestasi, termasuk di PON tahun 2024 nanti. Karena itu apa pun kondisinya ia tetap berusaha akan memberangkatkan atletnya untuk mengikuti Kejurnas yang dilaksanakan PB. Persambi.

Sumbar sendiri pada Kejurnas Senior di GOR Bulungan nanti membawa 13 orang atlet. Selain atlet yang diasuh langsung oleh Pengprov, juga ada sejumlah atlet dari beberapa Pengcab Persambi seperti Padang Panjang, Tanah Datar dan Sijunjung. Selain atlet, dalam rombongan yang telah berangkat kemaren siang (Rabu 7/12) juga ada peserta penataran wasit dan pelatih. Karena Pelaksanaan Kejurnas itu juga seiring dengan dilaksanakannya Penataran Pelatih dan Wasit.

“Moga-moga tidak ada halangan di jalan sehingga kita bisa sampai tepat waktu. Ya, mau gimana lagi. Dengan jumlah atlet yang cukup banyak ditambah peserta Penataran Wasit dan Penataran Pelatih, kita dapat uang dari mana kalau berangkat dengan pesawat,” ujar Hendri.

Namun begitu, Hendri tetap merasa optimis anak-anak asuhannya bisa berprestasi di Kejurnas nanti. Hal itu karena pada beberapa iven sebelumnya atlet-atlet Sambo juga sudah pernah mencatatkan prestasi. Sebutlah seperti Ridho Ichlas Ichsan Darma peraih medali emas PON Papua Tahun 2021 serta peraih medali emas Kejurnas Series II Juni 2022 lalu di Bandung

Begitu pula di bagian putri, Yolanda Putri Indra peraih medali perak PON Papua 2021 serta peraih perunggu Kejurnas Series II juga ikut serta dalam rombongan. Mereka berdua juga didampingi dua atlet peraih perunggu Kejurnas Series II di Bandung yakni Elvi Ferando dan Shintya Anggara.

Lengkapnya atlet Sambo Sumbar ke Kejurnas Senior itu terbagi di dua kelompok. Pertama Kelompok SPORT SAMBO terdiri 7 atlet putra yaitu Yusril Mahendra (kelas 53 kg), Ridho Ichlas Ichsan (58 kg), Harizon Septia Pratama (64 kg), Elvi Fernando (71 kg), Alvin Sumantri (79 kg) dan Muhammad Agus Saputra, juga kelas 79 kg asal Kota Padang Panjang. Sedang di bagian putri ada Shintya Anggara (kelas 50 kg), Yolanda Putri Indra (54 kg) serta Yamiatul Listian (54 kg) dan Mike Shintia (59 kg), keduanya asal Padang Panjang

Selain Kelompok Sport Sambo, Persambi Sumbar juga mengirim tiga atlet di kelompok COMBAT SAMBO. Selain dua atlet yang sama-sama berasal dari Kabupaten Sijunjung yakni Yozi Kumala Putra (kelas 53 kg) serta Ayu Safitri (50 kg) juga ada Weldri Soni (64 kg dari Tanah Datar)

Selain atlet, peserta Penataran Pelatih adalah Hendri Gusman Dharma, S.Kom, M.Pd didampingi Anasrul, S.Pd dan Delfi Rahman S.Pd. Kecuali Hendri, Anasrul dan Delfi Rahman juga akan mengikuti Penataran Wasit Sambo.**

No More Posts Available.

No more pages to load.