Mewujudkan Program Unggulan Gedung Baru BLK Batusangkar Diresmikan

by -

SEMANGATNEWS.COM – Guna mencapai dan mewujudkan Program Unggulan (Progul) Bupati dan Wakil Bupati satu persatu dan bertahap berbagai langkah mulai dilaksanakan.

Salah satunya, untuk mencapai Progul Menciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja per Tahun, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar untuk lahirkan usahawan baru dan ciptakan lapangan kerja, berbagai pelatihan mulai dari menjahit, Boga dan Otomotif secara konsisten dilaksanakan.

BLK sebagai salah satu lembaga pelatihan berbasis kompetensi sangat strategis dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan Progul Tanah Datar.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian pada Pembukaan Pelatihan Menjahit Bed Cover serta Peresmian Pemakaian Gedung di Kuburajo Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Selasa (02/12).

Disebutkan Richi, menurut data dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP Naker) tahun 2020 tercatat 5.312 orang pencari kerja.

Ada 2.008 orang pencari kerja laki-laki dan 3.304 orang perempuan dengan jenjang pendidikan SLTA, Diploma ataupun Strata Satu atau S1,” ungkap Wakil Bupati Richi Aprian.

Guna mendorong peningkatan keahlian dan keterampilan agar mampu membuka lapangan pekerjaan baru, Dinas PMPTSP Naker bersama BLK melaksanakan kegiatan penyiapan tenaga kerja siap pakai.

BLK Batusangkar melaksanakan pelatihan Boga, Souvenir bahkan pelatihan Outomotif. Insya Allah ke depan akan tetap dilaksanakan,” ujar Richi.

Namun tentunya yang menjadi perhatian utama kita semua kata Richi, adalah pemasaran hasil produksi serta bimbingan terus menerus selepas peserta selesai pelatihan.

Hasil produksi peserta pelatihan hendaknya mempunyai ciri khas ataupun kelebihan dari produk lain, sehingga menjadi pilihan pertama atau laku di pasaran, mungkin disinilah diperlukan bimbingan dan arahan dari dinas terkait,” tukas Richi.

Sebelumnya Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menyampaikan, pelatihan menjahit Bed Cover akan diikuti 16 peserta selama 15 hari ke depan. (MSy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.