Miliki Warisan Dunia, Wagub Audy Dukung Sawahlunto Layak Kota Pariwisata

by -

SEMANGATNEWS.COM – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menilai keberhasilan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia harus dimanfaatkan untuk mendongkrak expose pariwisata di Sawahlunto.

Sawahlunto memiliki situs warisan dunia yang sudah diresmikan UNESCO. Peluang investasi dan pengembangan di Sumbar menurut Wagub masih sangat terbuka lebar.

“Saya yakin ke depan akan semakin banyak turis asing dan dalam negeri berkunjung ke Sawahlunto,” ucap Audy Joinaldy saat Safari Ramadhan di Masjid Babussalam Kel. Lubang Panjang Kec. Baringin, Kota Sawahlunto, Sabtu (9/4).

Ia menilai pariwisata adalah potensi Sawahlunto yang tidak dimiliki oleh semua daerah karena punya nilau herritage.

“Kuncinya adalah inovatif, responsif dan melibatkan aktif masyarakat serta perantau. Pemerintah daerah tidak perlu takut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ungkapnya.

Termasuk dukungan dari masyarakat terutama potensi investasi perantau juga harus dimaksimalkan. Investasi dari perantau bisa mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dalam pengembangan pariwisata.

“Pariwisata di Sawahlunto merupakan tulang punggung. Bahkan disini banyak terdapat desa wisata dan desa kreatif,” ujarnya.

Hal ini dibuktikan dengan penghargaan “Wonderful Indonesia Tourism Award” yang pernah diterima Sumatera Barat. Dari sekian banyak kota tujuan wisata di Sumatera Barat, salah satu kota dengan daya tarik wisata unik yang bisa kamu kunjungi adalah Sawahlunto.

“Itu makanya saat pertama kali saya ke Sawahlunto, inilah kota paling cantik saya kunjungi,” tuturnya.

Sawahlunto menjadi kota wisata, karena memiliki ciri khas peninggalan sejarah era kolonial khususnya di masa-masa kala menjadi kota pertambangan serta wisata alam yang tak kalah mempesona.

“Tidak salah, Sawahlunto paling sedikit masyarakat miskin di Indonesia. Karena masyarakat Sawahlunto bisa memanfaatkan alam sekitarnya,” tukasnya.

Sementara itu, dalam sambutan Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat senang dikunjungi Wagub Sumbar Audy Joinaldy memiliki gelar akademik terpanjang di Indonesia, bahkan bisa meraih rekor MURI.

“Saya kagum, seorang milenial memiliki tujuh gelar akademik yang disandang Wagub Sumbar dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda,” sebut Deri Asta.

Selanjutnya Ia mengatakan, kepedulian Pemprov Sumbar terhadap Kota Sawahlunto masyarakatnya mengucapkan terima kasih. Pasalnya dalam minggu awal ramadhan dua pemimpin Sumbar hadir di Sawahlunto.

“Baru Senin (5/4) kemarin gubernur berkunjung kesini, sekarang Wagub Sumbar. Kami sangat bangga atas kunjungan ini. Ini membuktikan pemprov sangat peduli dengan sawahlunto,” terangnya.

Selain itu, Walikota Deri Asta juga menjelaskan Sawahlunto akan menjadikan kota hafidz. Setiap anak murid SD dan SMP wajib hafal 4 juz.

Sejak program rumah tahfidz binaan Pemko diluncurkan, semangat generasi Sawahlunto menghafal Alquran semakin meningkat, hal ini terlihat dari tumbuh suburnya jumlah Rumah Tahfidz dalam setahun terakhir.

“Dukungan masyarakat sangat tinggi yang merupakan salah satu realisasi dari visi misi Pemerintahannya meningkatkan kehidupan beragama,” imbuhnya.

Sebagai penutup acara safari ramadhan di Sawahlunto Wagub Sumbar menyerahkan bantuan Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta untuk Masjid Babussalam kepada pengurus masjid tersebut.

Hadir bersama Wakil Gubernur pada kesempatan itu, Kepala Bapenda, Kalaksa BPBD Sumbar, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Peternakan Sumbar. Untuk Pemko Sawahlunto juga di hadiri Wawalikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Sekda dan beberapa kepala OPD lainnya. (*)

Dinas Kominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.