Miris Sekali 3 Tahun Belakangan Penerimaan Mahasiswa IPDN tanpa Putra Mentawai

by -

Miris Sekali 3 Tahun Belakangan Penerimaan Mahasiswa IPDN tanpa Putra Mentawai

SEMANGATNEWS.COM— Sudah tiga tahun penerimaan mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tidak ada calon mahasiswa dari Kepulauan Mentawai yang lolos.
“Ini memprihatinkan, sementara Mentawai butuh tenaga-tenaga pamong muda untuk mengurus birokrasi di 10 Kecamatan,” kata Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan, Sabtu, 16/07 pagi di kantor PWI Sumbar ketika bersilaturahmi dengan para pengurus PWI Sumbar.

Ia mengatakan bahwa selama ini sistem rekrutmen terbuka memang banyak yang dari luar melamar untuk Mentawai. Tapi setelah dua tiga tahun mereka justru minta pindah ke luar Mentawai lagi.

“Sementara kita sangat membutuhkan tenaga mereka. Dokter, perawat, bidan, guru, adalah tenaga-tenaga yang sulit kami tahan dalam waktu lama di Mentawai, karena mereka ingin pindah ke tempat asalnya,” kata Martinus Dahlan.

Apa yang mengendala membuat para pegawai tidak betah di Mentawai?
“Minimnya sarana dan prasarana serta fasilitas umum akhirnya hanya penduduk asli saja yang bertahan. Mobilitas antarpulau juga tidak lancar.
“Belakangan ada kapal antarpulau yang kembali beroperasi, itu sudah merupakan kemewahan bagi kami tegas Martinus Dahlan.

Sempat kapal antarpulau itu tidak beroperasi karena kapalnya mengandalkan BBM bersubsidi dan BBM non subsidi tak terdukung oleh biaya operasionalnya. Kini sudah ada lampu hijau dari pusat untuk melancarkan kembali kapal antarpulau itu, harapnya.

Besar harapan ada bantuan dari pemerintah pusat untuk mengoperasikan kapal cepat antarpulau. “Kita undang juga kalangan pengusaha pelayaran swasta mau berinvestasi untuk kepal cepat antarpulau,” katanya. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.