Misteri Tiba-tiba Bangkai Kapal Mengapung di Perairan Lingga Kepri

by -

Misteri Tiba-tiba Bangkai Kapal Mengapung di Perairan Lingga Kepri

Semangatnews,Kepri- Bangkai kapal berukuran cukup besar yang belum diketahui asal usul dan identitasnya dan mengapung di perairan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan hingga kini masih menyisakan misteri. Pihak berwenang masih menelusuri keberadaan kapal misterius tersebut.

Sebelumnya, satu unit kapal fiber berukuran cukup besar ditemukan tenggelam di sekitaran laut Kepulauan Senayang, Kabupaten Lingga. Kapal tersebut ditemukan nelayan setempat pada pekan lalu dengan kondisi mengapung setengah bodi dengan bagian depan menjulang ke permukaan.

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho seperti dilansir Batamnews, Senin (3/2) mengatakan, kejadian itu sudah ditangani Polsek Senayang. Kemudian juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Syahbandar untuk mencari petunjuk dan info tentang kapal tersebut.

“Tidak ada korban jiwa ketika ditemukan dan dicek oleh tim. Tanggal 27 Januari lalu sudah dilakukan koordinasi untuk mencari kepastian identitas bangkai kapal yang ditemukan,” kata Joko.

Namun ia memastikan bahwa kapal yang tenggelam tersebut bukan lah kapal yang tengah berlayar. Melainkan bangkai kapal yang kemungkinan terbawa arus dari wilayah lain hingga ke perairan Lingga.

“Kami cek bersama instansi terkait dan masyarakat, hasilnya bukan kapal lokal kita. Kemarin rencana akan ditarik ke pinggir, namun harus melihat situasi arus dulu. Untuk lebih pastinya coba hubungi Kapolsek Senayang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Senayang Iptu Syaiful Amri membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar setempat. Tapi kata dia hingga saat ini belum diketahui nama kapal dan pemilik kapal tersebut.

“Untuk tindakan awal sebelum ada tindakan lanjut, pihak Navigasi akan memberikan lampu semacam lampu suar pada bagian atas haluan kapal bekas terbakar tersebut yang timbul beberapa meter menjulang ke atas permukaan air laut,” ujar dia.

Hingga Senin (3/2/2020) ini, bangkai kapal tersebut juga belum bisa terungkap asal-usulnya. Jangankan identitas, untuk jenis kapal itu sendiri apakah kapal nelayan, yacht, atau kapal penumpang juga belum diketahui.

Pelaksana Harian Kantor Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) Kelas III Senayang, Azwar Anas mengatakan, untuk memastikan jenis kapal tersebut, harus ada dokumen kapal.

“Untuk itu kami belum bisa pastikan apa jenis kapalnya, kecuali dilakukan penyelaman,” kata Azwar, Senin (3/2/2020).

Azwar menjelaskan, pihaknya sudah turun ke lokasi beberapa waktu lalu untuk melihat kondisi kapal. Menurunya, kapal tersebut kemungkinan terbakar dan kemudian hanyut. “Kapal itu mungkin terbakar hanyut,” katanya. (smngtnews/batamnews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.