Nagari Paninjauan Harapkan Pemprov Sumbar Bantu Bangun Embung

by -

Nagari Paninjauan Harapkan Pemprov Sumbar Bantu Bangun Embung

SEMANGATNEWS.COM- Nagari Paninjauan, Kec. X Koto, Kabupaten Tanah Datar telah 10 tahun berharap dapat membangun embung, yang gunanya untuk menampung air mengairi areal pertanian dan juga kebutuhan air minum. Tapi sampai sekarang dana pembangunan embung tidak kunjung ada dan berharap adanya bantuan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Harapan masyarakat itu diungkapkan Wali Nagari Paninjauan IC Datuak Batuah Nan Kuniang dan Ketua KAN Gustiar Djamal Datuak Sinaro Panjang ketika menerima Tim Komisi 1 DPRD Sumbar dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Sabtu (20/2) lalu.

Menurut IC Datuak Batuah Nan Kuniang, embung yang akan dibangun itu terletak di Jorong Tabu Baraia, arah ke kaki Gunung Marapi. Luasnya direncanakan 3 hektar, dengan perkiraan biaya Rp8 miliar hingga Rp10 miliar.

“Pada tahun 2020 lalu anggaran untuk pembangunan embung ini pernah masuk dalam usulan APBD Sumbar, namun kemudian hilang pada saat pembahasan. Kami berharap pada APBD 2022 mendatang dapat dianggarkan kembali untuk pembangunan embung Nagari Paninjauan,” kata Wali Nagari Paninjauan IC Datuak Batuah Nan Kuniang.

Ditambahkan oleh Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari) Paninjauan Gustiar Djamal Datuak Sinaro Panjang, dengan adanya embung di Paninjauan, dapat menjaga ketersediaan air minum untuk sumur penduduk, air untuk areal lahan pertanian masyarakat dan menopang ketersediaan air minum untuk Kota Padang Panjang.

Menanggapi aspirasi masyarakat Nagari Paninjauan, Ketua Tim Komisi 1 DPRD Sumbar Zarfi Deson, SH mengaku akan menyampaikan kepada komisi terkait yaitu komisi yang membidangi Infrastruktur. “Saya nanti akan menyalurkan, terutama kepada teman Fraksi Golkar di DPRD Sumbar,” kata Zarfi Deson.

Menurut Zarfi Deson, ketersediaan sumber air memang sangat tergantung kepada embung yang bisa menampung air. Karena itu dirinya akan gigih mengingatkan dana pembangunan embung Nagari Paninjauan, Kec. X Koto, Kabupaten Tanah Datar ini.

Selain bantuan untuk infrastruktur di nagari, Pemprov Sumbar tahun 2022 bisa membantu langsung nagari melalui Perda Pemberdayaan. “Kami Anggota DPRD bisa bantu PAUD, Posyandu, Kelompok Senam atau KAN di nagari dengan Dana Pokir. Insya Allah Perda Pemberdayaan ini lancar pelaksanaannya,” kata Zarfi Deson, Putra Pesisir Selatan ini.

Dukungan yang sama untuk embung Nagari Paninjauan ini juga disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah. Menurutnya, aspirasi masyarakat ini tentu akan ditampung oleh Komisi 1 DPRD Sumbar dan ditindaklanjuti oleh komisi yang terkait dengan infrastruktur.

Kepada Wali Nagari Paninjauan, diharapkan untuk gigih pula menyuarakan aspirasi embung ini kepada Pemda Tanah Datar, DPRD Tanah Datar, Pemprov Sumbar dan wakil rakyat di DPRD Sumbar.

Tentang aspirasi masyarakat Nagari Paninjauan yang lain, seperti sarana PAUD, Pondok Tahfiz, dukungan pelestarian budaya dan adat, serta bantuan kelembagaan KAN, Kadis PMD Syafrizal Ucok mengatakan ada yang dapat diakomodir melalui Dana Desa, juga dapat ditampung melalui Perda Pemberdayaan pada tahun 2022 nanti.

Kunjungan Tim Komisi 1 DPRD Sumbar ke Nagari Paninjauan terdiri dari Zarfi Deson (Golkar), Staf Komisi 1 Rio Eka Putra, Kadis PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Nagari Firmanto, SIP. dan staf Cyndi. Ikut hadir Kadis PMN Tanah Datar Drs. Nofendril. (Zl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.