Nasrul Abit : Untuk Majukan Nagari Garabakdata Insfrastruktur Jalan Jadi Yang Utama

by -

Nasrul Abit : Untuk Majukan Nagari Garabakdata Insfrastruktur Jalan Jadi Yang Utama

Semangatnews, Solok – Untuk memajukan Nagari Garabakdata salah satu nagari tertinggal di Kabulaten Solok pembangunan infrastruktur jalan menjadi hal yang utama membuka ruang akses transportasi dan akses ekonomi lainnya. Ini menjadi perhatian Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bagaimana memajukan daerah terpencil dan daerah – daerah tertinggal. Kemudian bagaimana pelayanan dasar maksimal dilakukan, pendidikan, kesehatan akses pengembangan ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan dalam kunjungan kerja pemprov Sumbar bersama Nasrul Abit, Kepala Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau, Drs. Luhur Budianda SY, M.Si, Kepala Biro Pemerintahan Sumbar Drs. Iqbal Ramadi Payana M.Si beserta rombongan mengunjungi daerah terisolir di Sumatera Barat (Sumbar), Senin (10/8/2020).

Dam kali ini Nasrul Abit dan rombongan menjadikan target kunjungan Nagari Garabak Data Kabupaten Solok. Namun sebelum menuju ke lokasi Wagub Sumbar bersama rombongan sengaja mampir di Puskesmas Kecamatan Hiliran Gumanti.

Di Lembah Gumanti Wagub Sumbar Nasrul Abit tidak hanya sekadar berdialog dengan warga melainkan juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa, 10 pasang sepatu boot, 40 pakaian azmat, 13 kotak sarung tangan latex, 10 pcs masker N95, 15 kotak masker bedah (isi 50 pcs),15 buah google mask, 5 buah face shield, 40 botol handsanitizer, 7 buah thermogun dan 20 karung beras 5 kg.

“Pemberian bantuan ini adalah bagian dari kepedulian untuk masyarakat. Saya harap bantuan, bisa meringankan kebutuhan Puskesmas, terkait adanya wabah virus Corona (Covid-19),” ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif mengikuti seruan Pemerintah dalam memitigasi penyebaran COVID-19, baik melalui social/physical distancing.

Selain itu Wagub Sumbar mengatakan, akan mengunjungi daerah terpencil Nagari Garabak Data yang dikelilingi oleh perbukitan. Jalan yang dipenuhi lubang dalam dan bergelombang serta tanjakan panjang dan penurunan curam harus ditempuh oleh rombongan tersebut dengan menempuh perjalanan lebih kurang tiga jam.

Sangat jelas sekali, perjalanan menggunakan kendaraan khusus (4×4) sangat sulit ditempuh. Bahkan kendaraan rombongan sering kandas dikubangan lumpur.

“Ini jangan dilihat dengan kesulitan jalannya, tapi bagaimana kita harus pikirkan mewujudkan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sejahtera. Berkunjung ke Garabak Data dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di sana,” kata Nasrul Abit.

Selanjutnya Camat Hiliran Gumanti, Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kerja di wilayahnya.

“Atas nama masyarakat Hiliran Gumanti, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga terkhusus kepada Bapak Wagub Sumbar dan seluruh jajaran pemerintah provinsi yang telah berkunjung,” ungkapnya.

Camat Romi Hendrawan berharap dalam kunjungan itu, pemprov Sumbar bisa memberikan solusi terhadap pembangunan infrastuktur jalan menuju daerah Garabak Data.

“Karena daerah itu rusak parah dan sangat dinanti oleh masyarakat perbaikannya. Banyak keluarga kami terjebak disana. Jalan tersebut sangat strategis dilalui masyarakat antar kecamatan, untuk mengangkut hasil tani dan akses ekonomi lainnya,” harapnya.

Usai mendengarkan aspirasi masyarakat Garabakdata, Wagub Sumbar berjanji akan membicarakan pihak-pihak terkait, termasuk ditingkat pusat. BIRO HUMAS SETDA SUMBAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.