Natuna Dicaplok, Rakyat Bersama TNI Siap Mempertahankan Kedaulatan RI

by -
IMG_20200104_204507

Natuna Dicaplok, Rakyat BersamaTNI Siap Mempertahankan Kedaulatan RI

Semangatnews, Natuna – Bupati Kabupaten Natuna Hamid Abdul Rizal menyatakan dukungan penuh bagi TNI dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menggelar kekuatan yang lebih besar di Natuna. Hal tersebut disampaikannya menyusul peristiwa masuknya kapal China ke perairan Natuna.

“Mendukung penuh sikap TNI dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk menggelar kekuatan yang lebih besar lagi di Wilayah Natuna agar bisa memantau, mencegah dan menangkal setiap upaya gangguan kedaulatan terhadap Wilayah Republik Indonesia di Laut Natuna Utara,” kata Abdul dalam keterangan resminya, Sabtu (4/01/2020).

Menurut Abdul, masuknya nelayan-nelayan China yang dikawal oleh kapal Coast Guard China merupakan gangguan terhadap kedaulatan RI. Apalagi kata dia, Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China, Geng Shuang yang mengklaim perairan di sekitar Kepulauan Nansha (Spratly Islands) termasuk Laut Natuna Utara sebagai wilayah tradisional penangkapan ikan mereka.

“Itu adalah bentuk gangguan terhadap kedaulatan Republik Indonesia. Klaim sepihak tersebut telah diprotes keras oleh Pemerintah Republik Indonesia karena ZEE Indonesia di perairan Natuna memiliki legal standing yakni UNCLOS 1982,” tuturnya.

Abdul juga mengusulkan kepada pemerintah pusat agar wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas menjadi provinsi khusus. Sebab berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa pemerintah kabupaten/kota tidak memiliki kewenangan terhadap perairan laut.

Akibatnya pemerintah Kabupaten Natuna tidak bisa berbuat banyak dalam menjaga dan mengelola wilayah perairan tersebut.

“Dengan dijadikannya Natuna sebagai provinsi khusus maka akan meningkatkan kewenangan dan kemampuan dalam menjaga, mengelola dan turut serta mengawal wilayah pantai dan laut di Natuna,” terangnya.

Meski demikian, dirinya memastikan akan berupaya keras dengan sekuat tenaga akan mempertahankan wilayah perairan di Kabupaten Natuna.

“Dengan segala kemampuan dan sumber daya yang ada, Pemerintah Kabupaten Natuna beserta warga masyarakat siap sedia mempertahankan kedaulatan NKRI di Natuna,” tutupnya.(abadikini.com/smngtnews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.