Obat Panu Berbahan Herbal Yang Wajib Kamu Coba. Dijamin Ampuh!

by -
Obat Panu Berbahan Herbal Yang Wajib Kamu Coba. Dijamin Ampuh!
Ist

SEMANGATNEWS – Untuk kamu yang mulai frustasi dengan bintik putih di kulit yang tidak kunjung hilang, jangan cemas. Ada baiknya kami simak beberapa tips sehat dari bahan herbal untuk menghilankan bintik putih atau panu dari kami.

Bintik putih atau Panu ini merupakan salah satu penyakit kulit paling umum yang diderita banyak orang. Walaupun terbilang sebagai penyakit kulit ringan, kehadirannya dapat merusak keelokan tubuh dan merusak rasa percaya diri.

Panu ini jika tidak diobati dengan cepat, panu bisa merambat ke bagian tubuh lainnya. Rasa gatalnya benar-benar tidak tertahankan, dan bila terus digaruk, kulit akan lecet dan akhirnya meninggalkan bekas luka.

Nah, daripada mimpi buruk di atas menjadi nyata, simak cara menghilangkan panu dengan cepat dan alami di bawah ini. Kulit dijamin mulus, sehat, dan bersih!

Penyebab Panu pada Kulit

Panu adalah penyakit umum yang sering diderita banyak orang, terutama yang tinggal di daerah tropis dan panas. Bernama latin Pityriasis versicolor atau Tinea versicolor, panu disebabkan oleh bakteri dan jamur yang meraja lela di kulit.

Bintik putih yang disebabkan oleh jamur panu biasanya muncul di kaki, perut, dada, leher, atau lengan. Namun, dari beberapa anggota tubuh, panu biasanya bersarang di wajah, punggung, dan bahu. Area ini merupakan tempat dimana kelenjar keringat aktif mengeluarkan minyak.

Selain jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale, penyebab panu lainnya adalah sistem imun tubuh yang lemah. Cuaca panas juga merupakan salah satu penyebab panu yang tidak bisa disepelekan.

Gejala penyakit panu tidak begitu terlihat dan terasa. Gatal-gatal yang dirasakan sama seperti gigitan nyamuk, sehingga banyak orang yang terlambat mengobati panu. Area gatal tersebut akan berubah menjadi bintik coklat yang kemudian berubah menjadi putih atau merah muda.

Baca juga : BPOM Berikan Edukasi Pembinaan Obat-Obatan dan Kosmetik.

Berikut Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya di Badan

1. Kunyit

Cara menghilangkan panu dengan kunyit merupakan ramuan khas leluhur zaman dahulu. Rempah khas Asia Tenggara ini mudah ditemukan di Indonesia, dan sudah terkenal sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

Rempah kunyit dapat mengobati panu putih maupun cokelat. Kandungan antioksidannya dapat menetralkan radikal bebas, sedangkan minyak volatile dan curcumin-nya bekerja untuk membasmi jamur.

Cara mengobati panu dengan kunyit adalah sebagai berikut:

Ambil 1 ruas jari kunyit, kupas dan cuci sampai bersih.
Usapkan pada bagian yang terinfeksi jamur selama 5 menit.
Diamkan sejenak dan lap menggunakan air hangat.

2. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan panu sampai ke akarnya juga bisa dilakukan dengan jeruk nipis. Senyawa flavonoid dan vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis adalah antioksidan paling kuat dan keras.

Kandungan ini mampu memerangi jamur dan bakteri membandel sekaligus mencerahkan dan mengencangkan kulit. Metode mengobati panu dengan jeruk nipis ini populer karena sudah lama dipraktikkan sejak zaman dahulu.

Cara menggunakan obat jeruk nipis untuk panu adalah sebagai berikut:

Siapkan jeruk nipis dan bubuk belerang (bisa ditemukan di toko obat atau langsung dari sumbernya).

Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan belerang.
Aduk hingga merata dan menjadi krim.

Oleskan pada panu, tipis saja. Diamkan sampai krim mengering dan bersihkan dengan air hangat.

3. Minyak Tea Tree sebagai Obat Panu Alami

Minyak tea tree berfungsi sebagai antiseptik, itulah mengapa minyaknya bisa digunakan sebagai obat panu alami. Diambil dari pohon teh atau melaleuca, daunnya sering sekali diolah untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, terutama luka.

Antiseptik yang terkandung didalamnya mampu memberanatas jamur, virus, dan bakteri. Adapun cara mengobati panu dengan minyak tea tree adalah sebagai berikut:

Campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, serta 5 tetes minyak lavender, dan aduk sampai rata.

Usapkan ramuan dengan menggunakan kapas langsung pada panu.
Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat, anda juga bisa menambahkan minyak oregano ke dalam ramuan minyak tea tree.

4. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu obat panu alami paling ampuh dan cepat hilang. Tidak hanya dipakai sebagai bumbu makanan, lengkuas ternyata memiliki efek baik bagi kesehatan lainnya, seperti batuk.

Kandungan lengkuas pun lengkap, mulai dari vitamin A, emodin, zat besi, sodium, fitonutrien, quercetin, galangin, hingga beta sitosterol.

Menurut sebuah penelitian, kandungan-kandungan lengkuas tersebut memproduksi senyawa spesial yang menghambat produksi oksidanitar dan lipopolisakarida dalam tubuh.

Alhasil, badan kita tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat dan jamur panu mun tidak akan tumbuh.

Cara menghilangkan panu di badan dengan menggunakan lengkuas mudah, berikut caranya :

Haluskan lengkuas yang sudah dikupas. Usapkan langsung pada panu dan biarkan selama 5 menit
Lakukan pengobatan alami ini sebanyak dua kali sehari agar senyawa flavonoid, kuersetin, dan amilum dalam lengkuas dapat membasmi jamur penyebab panu secara cepat.

Cara mengolah lengkuas untuk obat panu lainnya adalah sebagai berikut:

Haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sendok teh garam. Ooleskan pada panu dan diamkan selama 30 menit. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.

Mengobati panu di badan tidak boleh disamakan dengan panu yang ada di muka. Ini dikarenakan tidak semua obat panu alami cocok dipakai di muka.

Menurut penelitian, kulit wajah terbukti lebih sensitif dibandingkan area kulit lainnya karena memiliki tingkat pH yang berbeda. Maka dari itu, tidak semua obat alami dapat dipakai untuk mengobati panu muka.

Baca juga : Tips Pembuatan Minuman Herbal Guna Mencegah Penyebaran Virus Corona

Menghilangkan panu di wajah.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai salah satu obat panu di wajah karena sifat antiinflamasinya. Sifat tersebut sangat membantu dalam menghentikan pertumbuhan jamur karena senyawanya dingin di kulit.

Sifat antiinflamasi juga mampu mengecilkan pori-pori, dan mengurangi penyebaran keringat. Begini cara menghilangkan panu di wajah menggunakan lidah buaya:

Haluskan daging lidah buaya dan oleskan gelnya pada panu atau area tubuh yang terinfeksi jamur.
Tunggu sampai kurang lebih 10 menit dan bilang sampai bersih menggunakan air panas.
Lakukan dua kali seminggu dengan selang waktu dua hari.

2. Yoghurt

Obat panu alami di wajah berikutnya adalah yoghurt. Sebelum kamu mulai mengolah yogurt sebagai obat panu, pastikan yogurtnya berjenis plain atau greek (tidak berasa).

Yoghurt yang tidak mengandung pemanis dilengkapi dengan probiotik yang amat tinggi. Probiotik adalah senyawa yang dibutuhkan untuk membunuh kuman dan bakteri jahat pada kulit, serta menghentikan pertumbuhan jamur.

Berikut adalah cara memanfaatkan yoghurt untuk mengobati panu:

Pilih yoghurt plain atau greek di toko atau supermarket terdekat.
Simpan di dalam kulkan untuk beberapa menit sampai berubah dingin.
Oleskan yoghurt pada panu dan diamkan selama 25 sampai 30 menit.
Bilas menggunakan air hangat.
Beli yogurt terbaik di Shopee atau Bukalapak

3. Belimbing Wuluh

Tidak hanya yoghurt, bahan makanan lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati panu di wajah adalah belimbing wuluh. Naturalnya, belimbing wuluh diberkati dengan sifat antijamur.

Sifat antijamur pada belimbing wuluh dapat membunuh fungi dan menghambat pertumbuhan jamur sejak dini. Baiknya lagi, ramuan belimbing waluh dapat digunakan lebih sering dibandingkan bahan atau obat panu lainnya.

Cara menggunakan belimbing wuluh untuk obat panu alami paling ampuh dan cepat hilang adalah sebagai berikut:

Potong belimbing wuluh kecil-kecil dan tempelkan pada area wajah yang terinfeksi panu.
Usap dan pijat panu menggunakan potongan belimbing wuluh selama 5 menit.
Diamkan selama 2 menit sampai mengering.
Bilas menggunakan air hangat dan sabun wajah sampai bersih.

4. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Obat panu obat panu alami paling ampuh dan cepat hilang ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Kandungan-kandungan tersebut dapat dengan mudah membunuh jamur penyebab panu. Namun, untuk bahan dapur satu ini Sahabat 99 harus sedikit lebih hati-hati dalam menggunakannya di wajah.

Pasalnya, sari bawang putih sifatnya panas dan bila digunakan terlalu banyak bisa membakar kulit. Agar aman, simak cara mengobati panu di wajah dengan bawang putih di bawah ini:

Haluskan satu keping bawang putih.
Oleskan sari bawang putih menggunakan jari secara tipis pada area wajah yang berpanu.
Tunggu 15 sampai 20 menit, lalu bilas pakai air hangat.

5. Rajin Mencuci Muka

Cara menghilangkan panu sampai ke akarnya yang paling penting adalah menjaga kebersihan wajah dan tubuh.

Maka dari itu, pastikan kamu mencuci wajah dan mandi secara teratur. Normalnya, seorang manusia membutuhkan mandi sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun, apabila kamu memiliki kulit kering, cukup 1 kali saja.

 

*Dikutip dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.