Optimalkan Pengelolalan Zakat, IAIN Batusangkar dan Baznas Jalin Kerjasama

by -

SEMANGATNEWS – Berkomitmen meningkatkan pendidikan yang lebih maju di Sumatera Barat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar gelar penandatanganan Nota kesepahaman atau Memorendum of Understanding (MoU) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat, beberapa hari yang lalu.

Dengan sama-sama berkomitmen tinggi dalam menekan angka kemiskinan di Sumbar, terutama dalam bidang pendidikan sehingga tidak ada lagi yang terkendala pembiayaan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan dengan MoU IAIN Batusangkar dengan BAZNAS SUMBAR, bisa memberikan dampak yang baik terhadap mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang memiliki segudang prestasi dibidang pendidikan yang terkendala dengan biaya pendidikan.

Kerjasama dua lembaga ini diberi nama “Kerjasama Optimalisasi Pengelolaan Zakat Perguruan Tinggi untuk Sukses Kuliah Mahasiswa Keluarga Kurang Mampu”.

“Kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat pada perguruan tinggi, khususnya IAIN Batusangkar yang merupakan kewenangan BAZNAS SUMBAR untuk distribusikan dan diberdayakan bagikelancaran dan kesuksesan perkuliahan mahasiswa keluarga kurang mampu,” ucap Marjoni.

Lebih lanjut Marjoni menyampaikan untuk memaksimalkan kerjasama ini ada perlu dukung penuh dari BAZNAS Sumbar terhadap IAIN Batusangkar dalam memaksimalkan kerja yang mulia ini.

Dari segi yang lain bisa bermitra dalam kegiatan sosialisasi, publikasi, seminar dan forum ilmiah lainnya, dan juga dalam kegiatan pengabdian masyarakat, tanggap bencana, peningkatan kesejahteraan keluarga miskin, magang dan pelatihan lainnya, yang terutama sekali pemberian bantuan biaya pendidikan keluarga kurang mampu.

Penandatangan MoU antara IAIN Batusangkar dengan BAZNAS yang dihadiri langsung oleh ketua BAZNAS Sumbar bapak Prof. Dr. Syamsul Bahri Khatib, disamping di hadiri Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan MoU Ini dapat memberikan keuntungan yang positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Sumbar.

“Kita berharap bantuan beasiswa dari BAZNAS SUMBAR bisa bermanfaat bagi mahasiswa IAIN batusangkar untuk menyelesaikan kuliah dengan baik dan menjadi ulama serta manusia berguna bagi bangsa dan negara”, tutup Munir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.