Pameran Tunggal Karya Laila Tifah, Pelukis Wanita Indonesia yang Ulet, Kreatif dan Penuh Kedigdayaan

oleh -
Laila Tifah, Pelukis Wanita Indonesia yang Tetap Mempertahankan Kepelukisannya dengan Ulet, Kreatif dan Penuh Kedigdayaan

Catatan Kecil : Muharyadi

SEMANGATNEWS.COM Mengutip pendapat Nasjah Djamin bahwa seni lukis kurang memberinya keleluasaan untuk mengemukakan isi pikirannya.  Justru pada Laila Tifah putri Nasjah Jamin melukis bagi dirinya mampu menentramkan jiwanya bahkan menjadi obat yang diperolehnya melalui kerja melukis.  Karena seni lukis bagi Laila Tifah mampu melengkapi kehidupan bathin bahkan alam bawah sadarnya.

Menurut Laila Tifah, bagian menantang dalam berkarya, bukan dari segi teknik atau media yang digunakan. Tetapi menjaga agar pikiran selalu aktif, baik pikiran bawah sadar maupun alah bawah sadar. Itulah tantangan terberat yang senantiasa diupayakan tetap ada dalam diri Laila Tifah. Misalnya bagaimana Laila Tifah memikirkan suatu benda, peristiwa, manusia dalam waktu bersamaan yang dapat menganggunya. Artinya, tema yang diangkat bukan berasal dari sesuatu yang dilihat secara sepintas dan tiba-tiba muncul.

Baca Juga:  Bom Bunuh Diri di Katedral, Kapolri: Masyarakat Tidak Usah Panik, Kami Sedang Dalami Pelakunya

Yang lahir meluncur kemudian adalah akumulasi dari apa yang pernah dipikirkan dan dirasakan dalam kurun waktu yang lama yang menurut Laila Tifah suatu saat bisa muncul kembali dan menganggu untuk segera di eksekusi menjadi karya dimana saat itu Laila Tifah merasa cukup mendapatkan penafsiran akan suatu benda, pertistiwa.

Jika karya-karya yang lahir dari penjelajahan kreativitas Laila Tifah dirasakan dan diamati sangat personal. Menurut pelukis wanita berusia (49 th) itu tidak mungkin dirinya berkarya yang jauh dari dirinya, jika pun ia bahkan akan mencari hubungan terdekat antara sumber ide dengan dirinya, sebagaimana yang dikemukakan Laila Tifah dalam pameran tunggalnya di Jogja Galeri, Yogyakarta 7 – 17 Februari 2021 ini.