Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  menyampaikan orasi kebangsaan di UMSB.

oleh -

Semangatnews, Padang – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian hadir di Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka menyampaikan orasi kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Padang, Kamis (14/3/2019).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran TNI dan Polri datang mengunakan pesawat khusus tersebut dan disambut oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta Forkopimda Sumbar dan jajarannya, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Garnefi, Rektor UMSB Riki Saputra, serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar Sofwan Karim.

Selanjutnya rombongan Panglima TNI dan Kapolri menuju Kampus UMSB, kedatangan Panglima TNI dan Kapolri disambut penampilan tari gelombang yang merupakan tari tradisional Minang dalam menyambut tamu.

Dalam sambutan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, bahwa keutuhan Bangsa Indonesia berada di tangan generasi muda yang kebanyakan mahasiswa. Ia mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk menyongsong Pemilu dan berperan aktif agar keutuhan bangsa tetap terjaga.

Lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiah Sumatera Barat agar ikut mengamankan Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan bulan depan yang akan dilaksanakan 17 April 2019, ia berharap agar pemuda dan mahasiswa bisa ikut dalam membantu keutuhan bangsa Indonesia.

Orasi kebangsaan dihadiri yang sekitar 1.000 mahasiswa tersebut digelar di Auditorium UMSB di Pasir Jambak, Kecamatan Koto Tangah.

Sebelumnya Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Sofwan Karim mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kapolri dapat di kampus Muhammadiyah menyatakan dengan tekad bulat Pancasila sebagai satu satunya azas dalam bernegara, ucapnya.

Ia menyampaikan warga Muhammadiyah siap bersama seluruh komponen bangsa bersinergi mewujudkan kesatuan bangsa.

Acara selanjutnya Panglima TNI dan Kapolri menyerahkan bantuan kepada UMSB yang masing-masing sejumlah Rp. 50 juta rupiah.

Usai memberikan orasi kebangsaan dan penyerahan bantuan, selanjutnya rombongan Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Yaqin di Padang Pariaman.(nov)