Pasaman : 3000 Personil Disiagakan Antisipasi Bila Ada Bencana

by -
IMG-20200114-WA0017

Semangatnews, Lubuk Sikaping- Sebanyak 3000  personil yang terdiri dari beberapa unsur di siagakan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya berbagai  bencana di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Senin 13 Januari 2020.

Persiapan tersebut diawali dengan pelaksanaan Apel Besar yang di ikuti oleh satuan Polres Pasaman, Kodim 0305 Pasaman, BPBD Pasaman, Satpo PP, Dinas Pangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Perhubungan, kegiatan tersebut di adakan di halaman kantor Bupati Pasaman pada Senin Pagi.

Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama menyambut baik kegiatan Apel siaga bencana tersebut.

Forkopimda dan Pemerintah kabupaten Pasaman sangat bangga dan memberikan apresiasi terhadap satuan Polri dan TNI dan ASN yang tetap bersinergi untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sementara Kapolres Pasaman di wakili Waka Polres AKP Ahmad Yani  sekaligus selaku ketua Tim Siaga Bencana kabupaten Pasaman mengatakan, dengan banyaknya terjadi bencana yang penyebabnya adalah, salah satunya   kondisi cuaca yang ekstrem. Untuk itu sangat di perlukan persiapan yang matang,  selalu siaga dan sekaligus memberikan pertolongan secepat mungkin terhadap daerah yang terkena bencana.

Selanjutnya Ahmad Yani mengatakan, dengan diadakannya Apel besar ini untuk memastikan kesiapan personil maupun peralatan yang di butuhkan. Sementara untuk kegiatan upacara tersebut  melibatkan dua pertiga dari personil yang ada, dan dalam hal ini ada delapan (8) Instansi yang terlibat dalam tim siaga bencana tersebut. Ia berharap dan berdoa  kiranya bencana jangan terjadi lagi di Pasaman.

Sementara itu kepala BPBD Pasaman Ricky Riswandi dalam kesempatan yang sama mengatakan, sesuai dengan Informasi dari dinas Metereologi dan Geofisika bahwa cuaca ekstrem khusus untuk kabupaten Pasaman akan terjadi pada awal bulan Januari ini dan berakhir pada akhir bulan Februari.

Untuk itu, katanya, perlu persiapan yang matang  menghadapi seandainya terjadi bencana di daerah ini.

Turut hadir pada pelaksanaan Apel kesiagaan bencana tersebut, Kajari Pasaman yang di wakili oleh Ikhwan , Ketua Pengadilan Negeri Psaman, Ketua Pengadilan Agama kabupaten Pasaman, Dandim 0305 Pasaman, Waka Polres Pasaman, AKP Ahmad Yani . SH, dan Kepala OPD terkait. (Ayub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.