Pasar Pariaman Akan Diresmikan Presiden, Gubernur Sumbar Dukung Wisata dan Pertanian, Walikota Inginkan Masjid Terapung

by -
Rakor Gubernur dan Bupati/Walikota se Sumatera Barat dalam rangka singkronisasi pembangunan daerah, Selasa (9/3/2021)

SEMANGATNEWS.COM – Ada tiga hal penting yang diprioritaskan pembangunan di Kota Pariaman, pertama terkait pembangunan Pasar Pariaman, kedua pengembangan kawasan wisata, dukungn infrastruktur dan ketiga dukugan pembangunan masjid Terapung karena Pariaman juga merupakan gerbang masuk Islam di Sumatera Barat.  Dan jika tidak ada halangan pembangunan pasar Pariaman sudah selesai Insya Allah akan di resmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada akhir Maret 2021 ini bersama Menteri PUPR .

Hal ini diungkapkan Walikota Pariaman Genius Umar dalam singkronisasi dan rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022-2024, Rapat Koordinasi pemerintah daerah yang digelar selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 8 – 10 maret 2021, yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy dilaksanakan di Auditorium gubernuran, Selasa (9/3/2021).

Setelah membahas pasar,  Walikota Pariaman ini juga menyampaikan rencana pengembangan pariwisata di Pariaman agar dibuat destinasi wisata yang menarik dengan konsep alami memanfaatkan kayu untuk menggantikan plastik dengan menanam pohon sehingga rindang. Dan untuk membentuk kawasan wisata yang akan dilalui perlu pembenahan jalan yang lebar dan baik, agar para wisatawan bisa nyaman dan aman dilalui.

“Terkait peresmian Pasar Pariaman, kita berharap juga meminta dukungan fasilitasi pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk mensuport dana untuk pembangunan Masjid Terapung Pariaman. Pembangunan Masjid Terapung ini mengingat kota Pariaman memiliki sejarah dan jalur masuk Islam pertama ke Sumatera Barat,” ungkap Genius.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan sepakat dengan rencana pembangunan pengembangan pariwisata di Kota Pariaman dan bisa menjadikan kota wisata, karena memiliki lima pulau kecil yang bisa dikembangkan.

“Kami sangat mendukung dan memang perlu dibantu untuk mendorong pariwisata di Pariaman. Termasuk hasil pertanian yang ada di Pariaman. Untuk itu Mahyeldi menyarankan agar memanfaatkan lahan tidur yang ada di Pariaman. Tidak hanya di Kota Pariaman saja, tapi banyak di daerah lain di Sumbar, untuk itu saya minta Dinas Pertanian perlu lakukan peninjauan dan segerakan pemanfaatannya,” himbaunya.

Mahyeldi tegaskan perlu lakukan kebijakan dengan membuatkan Pergub atau pun Perda untuk bisa pemanfaatkan lahan tersebut. Sehingga nantinya pemilik lahan akan tergerak untuk mengarap tanahnya. Kalau seandainya lahan tersebut masih belum dipergunakan, maka pemerintah akan berikan sanksi .

” Pemprov dan Kabupaten kota bisa bersinergi dalam pemanfaatkan lahan tersebut dengan memberikan modal atau pun membantu berupa bibit. Kita harus serius menanggapi ini, karena ini menyangkut pangan dan kesejahteraan masyarakat, apalagi dalam pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu Wagub Sumbar Audy Joinaldy terkai pariwisata di Pariaman mengatakan, kita sangat mendukung hal itu.

“Kalau Pak Walikota bisa menfasilitasi, kita bisa mendatangi turis asing dan domistik untuk berpariwisata ke pulau-pulau kecil itu. Kalau perlu saya undang Aero Aswar juara dunia Jetski kesini,” yang juag orang minang,” kata Audy Joinaldy.

Audy minta Kadis pariwisata Pariaman bisa mempersiapkan, karena Aero Aswar memang akan berkunjung ke Sumbar. Untuk itu Pariaman bisa manfaatkan kesempatan itu. Semoga kota Pariaman dapat menggeliatkan perekonomian melalui Pariwisata yang ada di daerah, walaupun kita masih dilanda pandemi Covid-19 saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.