Payakumbuh Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Nasional

by -

Semangat Payakumbuh-Sejarah kembali diukir Kota Payakumbuh, baru saja pekan kemarin memperoleh prediket Kota Sehat Tingkat Nasional 2017. Kembali kota ini dianugerahi penghargaan Prediket Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman Republik Indonesia.

Wakil Walikota Erwin Yunaz yang hadir dalam acara penganugerahan tersebut, langsung menerima sertifikat tersebut dari Ketua Ombudsman RI, Prof.Amzulian Rifai, SH.LLM.Ph.D, dalam sebuah acara di Balai Kartini Jakarta, Selasa (5/12).

Dalam sambutannya Ketua Ombudsman RI Prof.Amzulian Rifai, mengatakan bahwa penganugerahan ini adalah dalam rangka melihat sejauh mana pemerintah daerah memberikan pelayanan publik kepada warganya.

“Penilaian terhadap layanan publik ini, kami lakukan adalah dalam rangka sejauh mana kompetensi pemerintah daerah memberikan layanan publik dan seperti apa persepsi masyarakat sebagai penerima layanan.

Melalui proses yang cukup panjang dan transparan, penilaian dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dengan perwakilan terkait tanpa sepengetahuan pemerintah daerah terkait. Ini merupakan survei yg akurat untuk mendapatkan hasil yg memuaskan,” ungkap Prof. Amzulian Rifai.

Sementara itu Wakil Walikota Erwin Yunaz, disela-sela acara menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh aparatur Pemko Payakumbuh yang telah menunjukkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Namun hal tersebut tetap terus untuk diperbaiki. Karena hasil yang diperoleh saat ini perlu terus diuji dan dipertahankan di tengah-tengah masyarakat.

Dan jadikan momentum ini sebagai daya lecut untuk lebih memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga,“ harap Wawako Erwin.

Menurut Wawako Erwin, prestasi ini cukup membanggakan karena Payakumbuh langsung berada di zona hijau, dengan tingkat kepatuhan tinggi terhadap pelayanan publik yang diberikan selama ini.

“Sebuah kerja keras yang selalu mengikuti prosedur yang sesuai aturannya akan menghasilkan prestasi terbaik,” tukuk Wawako Erwin.

Ditempat terpisah Kepala Bagian Organisai Yasrizal menginformasikan bahwa Payakumbuh satu-satunya kota di Sumbar yang meraih penghargaan ini. Dimana secara nasional, Payakumbuh bertengger diposisi ketiga setelah Manado dan Mataram, dengan jumlah nilai 94,01. “Payakumbuh masuk zona hijau bersama 14 kota lainnya dengan tingkat kepatuhan tinggi,” pungkas Yasrizal.(Jentrael)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.