Payakumbuh Segera Miliki GOR Tipe B, Jumat Besok Peletakan Batu Pertama

by -
FB_IMG_1564025288042

Payakumbuh Segera Miliki GOR Tipe B, Jumat Besok Peletakan Batu Pertama

Semangatnews, Payakumbuh – Berita gembira bagi Kota Payakumbuh, Kota Randang bakal memiliki gedung olahraga Type B melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan nilai Rp.13.9 Milyar, yang akan dilaksanakan oleh PT. Niagara-Visicon-KSO, dengan nilai Kontrak sebesar 12,07 Milyar.

Nantinya, Payakumbuh satu-satunya di Sumbar yang bakal punya GOR Type B sehingga sudah bisa gelar Iven Nasional. Dengan luas bangunan lebih kurang 2000m² (42×49) yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat, direncana akan dilaksanakan peletakan batu pertama langsung oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada Jum’at (26/7) depan.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh melalui Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra, dari 40 Kota/Kabupaten di Indonesia, Payakumbuh menjadi satu-satunya di Sumatera Barat yang mendapatkan DAK Olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Disebutkan, sesuai Permenpora Nomor 8 Tahun 2018 yang mengatur tentang Gedung Olahraga Type B harus dapat memuat 5 cabang olahraga untuk tingkat Nasional, dan 6 cabang untuk tingkat Lokal atau tingkat Provinsi dan Lokal.

“Bulutangkis 4 lapangan, Bola Basket 1 lapangan, Bola Voli 2 lapangan, Sepak Takraw 4 Lapangan, dan Tenis 1 lapangan, khusus untuk Futsal GOR Type B tidak digunakan untuk tingkat nasional, hanya untuk tingkat lokal seperti tingkat provinsi dan kota,” tambahnya.

Dengan adanya GOR ini, Kota Payakumbuh dipastikan sudah bisa menjadi tuan rumah dalam menggelar iven olahraga berskala Nasional, dimana untuk 1 cabang digelar dalam 1 iven.

“Pembangunan GOR ini kita diperkirakan selesai pada akhir Desember 2019, dan insyaallah tahun 2020 akan dibangun di kawasan yang sama Lapangan Sepakbola Berstandar Nasional dengan ukuran 70×105 meter, kita do’akan semoga pembangunan ini dapat berjalan lancar nanti,” kata Delni.

sdoc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.