Pelaksanaan Bimtek Wartawan BNPB di Sumatera Barat Berjalan Dengan Sukses.

by -

Semangatnews, Padang — Sebanyak 40 orang wartawan dari berbagai media di kabupaten dan kota Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Gran Zuri mulai dari tanggal, 3 sampai dengan 5 September 2019.

Acara tersebut dibuka oleh Sektretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili oleh Kepala Pelaksana (Plh) Erman Rahman. Pada saat pembukaan Erman Rahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB yang telah memberikan perhatian kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai dengan akhir.

Erman Rahman menambahkan, Bencana apa saja ada di Sumatera Barat. Ada 1.106 kejadian bencana alam dan 28 orang meninggal di Sumbar, tahun 2018, pada saat pembukaan pada, Selasa (3/9/2019).

Para wartawan, mengikuti kegiatan tahunan yang diadakan BNPB ini, sangat antusias dan bersemangat. Mereka mendapatkan beragam kegiatan teori dan praktek dengan mengusung tema “Kita Berbagi, Kita Mengedukasi.

Pada 30 September 2019 nanti adalah 10 tahun peringatan gempa di Sumatera Barat (Sumbar) yang rencananya akan diselenggarakan dengan mengusung tema “Sumatera Cerdas Bencana”, papar Erman.

Ditambahkan Erman, Kami rangkul semua mitra kerja kami. Pengetahuan bertambah, namun butuh pelatihan. Kami juga perlu bersinergi dengan pekerja media. Tidak hanya pada masa tanggap darurat namun juga pada masa prabencana dan pascabencana. Selain itu, pemerintah daerah akan membangun 20 sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) di wilayah pesisir.

Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita mengatakan, penanggulangan bencana membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, seperti pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha dan media massa atau disebut pentahelix. “Diharapkan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi wartawan Sumbar di bidang penanggulangan bencana,” ucapnya.

Peserta Bimtek tersebut di antaranya perwakilan dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, serta BPBD Sumbar.

Narasumber bimtek di antaranya dari BNPB, BMKG, BPBD Provinsi Sumbar, Harian Kompas, Agence Frence Presse (AFP), Badan SAR Nasional, PMI, Jakarta Rescue, Tagana DKI Jakarta dan PMI Sumbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.