Pemenang Lomba Bercerita Anak Tingkat SD/MI Se Kota Padang, Majukan Literasi Generasi

by -

Pemenang Lomba Bercerita Anak Tingkat SD/MI Se Kota Padang, Majukan Literasi Generasi

Semangatnews, Padang – Untuk meningkatkan motivasi, kecintaan dan kegemaran membaca pada masyarakat, khususnya peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Padang. Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menggelar lomba bercerita anak.

Lomba yang dilangsungkan selama dua hari, mulai 10 sd 11 Maret 2020 bertempat di Kyriad Hotel Bumi Minang dibuka langsung oleh Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Azwin, Senin (10/3/2020).

Dalam sambutannya, Azwin mengatakan, sebagai bangsa yang ingin maju dan sukses harus meyakini bahwa jalan yang terbaik adalah dengan menuntut ilmu. “Jika ingin menjadi bangsa yang maju, salah satuanya dengan ilmu. Dan hal itu hanya bisa didapat melalui budaya gemar membaca,” jelasnya.

Untuk membudayakan gemar membaca perlu ditanamkan sejak dini dan dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya mengajak kepada semua pihak dan stake holder terkait lainnya, mari sama-sama memberikan pengawasan dan dorongan kepada generasi muda untuk gemar membaca sehingga generasi muda Kota Padang akan tumbuh menjadi generasi cerdas, berilmu, yang akan membawa kemajuan bangsa Indonesia,” ulasnya.

Selanjutnya, Azwin juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya perlombaan ini. Ia berharap, lomba ini mampu menumbuhkembangkan kegemaran membaca peserta melalui berbagai bacaan serta mampu menarik minat anak-anak tentang buku cerita dan budaya lokal, disamping menumbuhkan cinta tanah air dan budaya nusantara.

“Selamat kami ucapakan kepada pemenang nantinya. Semoga prestasi yang sangat membanggakan tersebut dapat ditingkatkan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba Bercerita yang juga Kepala Bidang Perpustakaan Firdaus Bachtiar mengatakan, lomba bercerita bertujuan untuk meningkatkan semangat membaca dikalangan generasi muda Kota Padang.

“Kami akan menerima masukan dan kritikan demi kebaikan program dan kegiatan ini kedepannya sehingga lebih memberikan warna baru bagi para generasi muda khususnya SD dan MI se Kota Padang,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pembinaan, Sosyfiandra, berkomitmen akan terus meningkatkan kerja sama dalam gerakan literasi di Sumbar secara menyeluruh hingga minat membaca semakin tumbuh di tengah generasi muda.

“Hal ini juga sesuai dengan target program yang dicanangkan Perpustakaan Nasional. Salah satunya, menggali cerita berbasis kearifan lokal di Sumbar dan dihimpun sebanyak-banyaknya,” katanya.

Lomba yg bertemakan Tumbuh kembangkan Gemar membaca dan tingkatkan Prestasi Generasi Muda ini, diikuti oleh 44 peserta sebagai utusan SD/MI se Kota Padang melalui Korwil Pendidikan kecamatan se Kota Padang.

Berdasarkan keputusan Dewan Juri maka yang menjadi terbaik; Juara 1 dengan nomor urut 11 dari SDN Percobaan, Tesa Adriati dengan nilai 2.565, memperoleh sertifikat, plakat dan uang tunai Rp. 1.500 ribu.

Juara 2 dengan nomor urut 25 dari SDN 27 Anak Air, Naya Khairinnisa, memperoleh sertifikat, plakat dan uang tunai Rp. 1 Juta.

Juara 3 dengang nomor urut 18 SDN 13 Batu Gadang, Zikra Afidran, memperoleh sertifikat, plakat dan uang tunai Rp. 500 ribu. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.