Pemkab Agam Diminta Tegas Atasi Kisruh Wali-KAN di Tiku V Jorong

oleh -

Tim bergerak cepat dalam mengumpulkan informasi. Dalam kunjungan sehari penuh itu, dilaksanakan lima kali pertemuan yaitu dengan Pengurus KAN, Ketua Bamus beserta Anggota, Ketua KAN H. AM Dt. Bandaro, pertemuan dengan Wali Nagari Tiku V Jorong Mardios dan pertemuan dengan Camat Tanjung Mutiara Hidayatul Taufiq.

Bamus kepada Tim Konsolidasi Adat menyampaikan kembali bahwa mereka tetap dengan pendiriannya yaitu Mosi Tidak Percaya tetap diteruskan dan tidak akan ditarik kembali. “Kami harapkan mosi tidak percaya Bamus ini ditindaklanjuti oleh Bupati Agam dengan pemberhentian terhadap Wali Nagari Mardios,” kata Sekretaris Bamus Tiku V Jorong M. Danil Rang Tuo.

Baca Juga:  DPD PAPPRI Sumbar Rekomendasikan 75 Pegiat Musik Ikuti Sosialisasi HAKI

Ketika dikonfirmasi oleh Tim Konsolidasi Adat kepada Wali Nagari Mardios, dia membantah membentuk KAN baru. Namun diakuinya bahwa hubungan dirinya dengan Ketua KAN AM Datuak Maradjo memang kurang harmonis. Karena itu, belum pernah sekali pun ada rapat antara Wali Nagari dengan KAN. Namun Mardios siap untuk duduk semeja dengan Bamus dan Ketua KAN untuk mencari penyelesaian masalah nagari ke depan.

Baca Juga:  Bangunan Struktur SD Jangkak Mandiangin, Bukittinggi Amburadul Ditangani BPK

Sementara Sekretaris Bamus M. Danil Rang Tuo dan Ketua KAN AM Dt. Marajo tetap pada pendirian, yaitu Mosi Tidak Percaya kepada Wali Nagari Mardios dan meminta Bupati Agam memproses pemberhentian. Karena itulah Tim Konsolidasi Adat mengharapkan Bupati Agam segera turun tangan untuk mencari penyelesaian dari kisruh ini.