Pemkab Agam Diminta Tegas Atasi Kisruh Wali-KAN di Tiku V Jorong

oleh -

Pemkab Agam Diminta Tegas Atasi Kisruh Wali-KAN di Tiku V Jorong

SEMANGATNEWS.COM- Bupati Agam diharapkan turun tangan dan mencarikan solusi atas kisruh yang terjadi antara Wali Nagari, Bamus dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Nagari Tiku V Jorong, Kec. Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Sehingga ke depan tercipta harmonisasi jalannya pemerintahan dan pembangunan di nagari yang terletak di bibir pantai itu.

Demikian hasil pengumpulan informasi, wawancara dan kunjungan langsung ke lapangan yang dilakukan oleh Tim Konsolidasi Adat Pemprov Sumbar yang dipimpin Kadis PMD Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah ke Nagari Tiku V Jorong, Selasa (23/2) lalu.

Baca Juga:  Tim Ramadhan Pemprov Kunjungi Mesjid Jamiak Limo Koto Bonjol

Menurut Syafrizal Ucok, kisruh di Nagari Tiku V Jorong bermula dari laporan Pengurus KAN kepada Bamus bahwa telah terjadi pelanggaran oleh Wali Nagari yaitu memfasilitasi pembubaran KAN, tidak menyelesaikan perselisihan di nagari dan tidak memelihara ketentraman ketertiban di nagari. Selain itu, Wali Nagari juga dituding tidak bisa berkomunikasi dengan lembaga yang ada di nagari. Karena itu Bamus melakukan klarifikasi dan rapat, sehingga Bamus melakukan Sidang Paripurna Istimewa tanggal 26 September 2020, yang melahirkan keputusan mosi tidak percaya kepada Wali Nagari Tiku V Jorong Mardios.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Terjadi Penambahan Sepuluh Kasus Positif Covid-19

Karena Bamus dan KAN Tiku V Jorong ini juga melaporkan kisruh kepada Gubernur Sumbar, maka Tim Konsolidasi Adat Pemprov Sumbar turun ke lapangan. Tim ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, DR. Amril Amir Dt. Lelo Basa, DR. Yulizal Yunus Dt. Marajo., Drs. Zaitul Ikhlas Saad, M.Si, Kabid Pemerintahan Nagari Azwar, SE.M.Si., Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Adat Drs. Akral, MM., dan Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Nagari Firmanto, SIP.