Pemkab Solok Selatan Gelar Upacara Bendera Memperingati HUT Kabupaten

by -

Pemkab Solok Selatan Gelar Upacara Bendera Memperingati HUT Kabupaten

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke-17 yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat pada Kamis, 7 Januari 2020. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Dr. H. Fidel Efendi yang membacakan sambutan Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman.

Dalam sambutannya, Sekdakab mengatakan bahwa dalam kurun waktu tertentu, Solok Selatan terus memperlihatkan berbagai prestasi dan kemajuan dari berbagai aspek, termasuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Kita patut bersyukur, perkembangan IPM selama kurun waktu 2019-2020 menunjukkan trend peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu dari 68,94 pada tahun 2019 meningkat menjadi 69,04 pada 2020,” terangnya.

IPM sendiri diambil dari 3 indikator, yakni angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, dan harapan lama sekolah.

Selanjutnya Fidel menyampaikan bahwa untuk tingkat kemiskinan Penduduk Solok Selatan juga terus mengalami penurunan, dimana tahun 2019 tercatat sebanyak 7,33 %, dan saat ini turun menjadi 7,15%.

Disamping itu, dalam rangka percepatan penanganan Covid-9, Pemkab Solsel juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 66,2 Miliar, dimana sebanyak Rp. 30,8 Miliar diantaranya dipergunakan telah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan kesehatan, ekonomi, dan penanganan lainnya.

Selanjutnya untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan Tahun 2020, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Pemkab Solsel juga membangun Rumah Sakit Pratama di Lubuk Malako dengan anggaran mencapai Rp. 25 Miliar, serta pengadaan alat-alat kesehatan senilai Rp. 16,3 Miliar.

Berbagai penghargaan juga diperoleh selama tahun 2020, diantaranya perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut, pencapaian Laporan Penyelenggaraan Pemda (LPPD) untuk pertama kalinya dengan predikat “sangat tinggi” dari Kemendagri, Pengelolaan dana desa terbaik di Sumbar, serta berbagai penghargaan lainnya.

Di akhir sambutannya, Fidel yang membacakan sambutan Plt. Bupati tersebut mengajak semua komponen untuk terus bersatu padu dalam membangun Solok Selatan serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kesuksesan pilkada serentak di Solok Selatan.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Solok Selatan AKBP. Tedy Purnanto, S.Ik, Kajari M. Bardan, Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, Baznas, sejumlah wali nagari, dan pejabat eselon III dan IV.

Seusai upacara, tamu undangan menuju Kantor DPRD Solok Selatan guna mengikuti paripurna DPRD dalam rangka memperingati HUT Kabupaten yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.( ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.