Pemkab Tanah Datar Dukung Penuh Alih Status IAIN Batusangkar Menjadi UIN

by -

SEMANGATNEWS.COM – Peran penting dalam memajukan dunia pendidikan tak luput dari keikutsertaan pemerintah daerah dalam mewujudkan bagaimana program pendidikan betul-betul diterapkan dan dijalankan sesuai harapan, hal ini terkemuka dalam kunjungan Rektor IAIN Batusangkar ke Pemda Tanah Datar, Senin (22/3/2021).

Kunjungan silahturahmi Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc didampingi Wakil Rektor 1, 2 dan 3 disambuat langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH,.MH. serta turut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora dan jajaran IAIN Batusangkar menyampaikan sebagian besar rencana dan cita-cita besar IAIN Batusangkar ke depan, terutama tentang alih status menjadi UIN Batusangkar yang Insya Allah akan dikunjungi tim Asesmen Lapangan dari Kementerian Agama RI pada 26 dan 27 Maret esok langsung ke kampus.

Lebih lanjut Marjoni menyampaikan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Islam di Tanah Datar siap bekerjasama dan mendukung program pemerintah daerah.

“Salah satu misi dari IAIN ingin Tanah Datar kembali menjadi pusat pendidikan agama Islam dan program ini hampir sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tanah Datar ke depan,” tegas Marjoni.

Wabup Tanah Datar Richi Aprian mengatakan keberadaan IAIN Batusangkar sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi sangat dirasakan manfaatnya, tidak sebatas pendidikan saja, namun bagi masyarakat sekitar manfaat ekonomi juga sangat dirasakan, tentu hal ini menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan ke depannya.

Wabup menambahkan bahwa IAIN Batusangkar akan meningkatkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) beberapa waktu ke depan tentunya menjadi kebanggaan bagi Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

“Keberhasilan IAIN meningkat status tentunya harus kami apresiasi dan dukung sepenuh hati karena menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Richi tentunya berharap peningkatan status juga akan meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di sini nantinya.

“Nanti diharapkan semakin banyak mahasiswa untuk berkuliah selepas menjadi UIN, apalagi Tanah Datar merupakan daerah yang letaknya di tengah di antara kabupaten kota lain sehingga akses semakin mudah. dan tentunya akan menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat,” katanya.

Ke depan, ujar Wabup Richi lagi, pemerintah daerah di bawah kepemimpinan pak Bupati Eka Putra dan saya selaku Wabup akan mendukung dan siap bersinergi dengan IAIN atau UIN Batusangkar ke depan.

“Alhamdulillah, pertemuan ini tentu menjadi awal bagi kita untuk saling bersinergi dan menjalin kerjasama yang baik ke depan, terutama dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Tanah Datar,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.