Pemko Payakumbuh Canangkan 20 Kelurahan Bersinar Tahun 2021.

by -

SEMANGATNEWS.COM – Dalam rangka pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh yang dalam hal ini Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh menggelar kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba sekaligus pencanangan 20 Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) yang dilaksanakan di Aula Flamboyan SMAN 2 Payakumbuh, Kamis(1/4).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Amriul Datuak Karayiang ditandai dengan pemukulan bedug pencanagan 20 Kelurahan bersinar didampingi oleh Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat Khasril Arifin, Kepala BNN Kota Payakumbuh Sarminal dan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya Amriul mengatakan Kelurahan Bersinar adalah salah satu upaya dalam pencegahan dan penanganan narkoba ditingkat kelurahan yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah bersama dengan masyarakat. Dimana tujuannya menciptakan aman dan tertib bagi masyarakat sehingga bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Ditambahkan Amriul, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam pencanangan 20 Kelurahan Bersinar. Dengan adanya kelurahan bersinar merupakan langkah awal untuk membersihkan kelurahan dan masyarakat dari bahaya narkoba.

“Saya mewakili Wali Kota Payakumbuh mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencanangan 20 kelurahan bersinar, dengan ini besar harapan kita kelurahan lain juga dapat mengikuti langkah awal membersihkan kelurahan dari bahaya narkoba,” Terang Amriul.

Adapun 20 kelurahan bersinar yang mengikuti pencanangan yaitu:

1. Kelurahan Ibuh
2. Kelurahan Koto Tangah
3. Kelurahan Bulakan Balai Kandi
4. Kelurahan Seberang Betung
5. Kelurahan Parit Rantang
6. Kelurahan Parak Batuang
7. Kelurahan Padang Karambia
8. Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang
9. Kelurahan Kapalo Koto Ampangan
10. Kelurahan Payobasung
11. Kelurahan Tiakar
12. Kelurahan Sicincin
13. Kelurahan Parik Muko Aia
14. Kelurahan Koto Panjang Dalam
15. Kelurahan Koto Panjang Padang
16. Kelurahan Napar
17. Kelurahan Ikua Koto Dibalai
18. Kelurahan Balai Tongah Koto
19. Kelurahan Koto Kociak kubu tapak rajo
20. Kelurahan Kapalo Koto Dibalai

Diakhir sambutannya Amriul mengatakan 20 kelurahan bersinar merupakan bukti keseriusan pemerintah kota Payakumbuh dalam mendukung pencegahan dan pemberantasan narkoba agar tercipta kondisi aman dan tertib bagi masyarakat.

“Dengan adanya kelurahan bersinar merupakan bukti keseriusan pemerintah kota Payakumbuh dalam mendukung pencegahan dan pemberantasan narkoba agar terciptanya kondisi aman dan tertib bagi masyarakat sehingga dapat terwujud kelurahan-kelurahan bersinar selanjutnya,” Pungkasnya.

Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat Khasril Arifin mengatakan sangat bangga dengan adanya kegiatan pencanangan 20 Kelurahan bersinar sebab selama menjadi Kepala BNN Provinsi, kegiatan ini adalah yang pertama kali diadakan. BNN mencatat persoalan narkotika di indonesia memerlukan perhatian dan kewaspadaan secara terus menerus dari seluruh elemen. Dari hasil penelitian yang dilakukan BNN secara periodik setiap 3 tahun, Angka prevalensi terhadap narkotika mulai tahun 2011 sampai 2019 terjadi penurunan yang cukup signifikan, Dimana tahun 2011 pada angka 2,23% dan tahun 2019 pada angka 1,80%.

“Acara ini membuat saya bangga karena selama saya menjadi kepala BNN baru ini yang pertama kali dilaksanakan pencanangan kelurahan bersinar. Kita berharap pencanagan kelurahan bersinar yang dilakukan oleh Kota Payakumbuh juga dapat diikuti oleh Kota Dan Kabupaten lainnya khususnya yang berada di Sumatera Barat sehingga seluruh elemen dapat berperan penting dalam menumpas peredaran narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa,” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.