Pemko Payakumbuh Dengar Keluhan Petani, HET Pupuk Bersubsidi Naik Tahun Ini

oleh -

Sementara itu, Asisten II Om Zet mengatakan pupuk adalah kebutuhan dasar masyarakat petani, apalagi di tengah pandemi Covid-19, dengan adanya subsidi tentu sangat berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita di daerah mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pusat, peran kita tentu memantau keberadaan pupuk, suplier, itu adalah tanggung jawab di dinas koperasi dan UKM, sementara pemakaian pupuk di lapangan diawasi oleh dinas pertanian,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wali Kota Riza Falepi Lepas Secara Resmi Kontingen Payakumbuh Ke MTQ XXXIX Provinsi Sumbar

Dijelaskan Om Zet, optimalisasi simulasi penyuluh pertanian pun harus dilakukan. Pemko juga tidak lepas tangan terhadap distribusi pupuk bersubsidi karena punya tanggung jawab.

“Jangan sampai petani kita di pupuk terbeli mahal dan hasil tani nya pun terbeli murah,” kata Om Zet.

Sementara itu, menurut keterangan Kabag Perekonomian Arif Siswandi, apabila ada kekurangan kuota pasokan pupuk bersubsidi di daerah, maka solusinya bisa diajukan ke provinsi, nanti akan diatur lagi distribusinya agar bisa memenuhi kekurangan itu.

Baca Juga:  Wali Kota Riza Falepi Ke Baznas Pusat Jakarta, Proses Seleksi Capim Baznas Kota Payakumbuh

Ditambahkannya, pada tahun 2021 masih masa transisi penggunaan kartu tani, mau tak mau, petani harus siap merubah mindset dari cara konvebsional ke digital.

“Secara berjenjang nanti akan dilakukan penyuluhan guna mengedukasi petani agar tidak gaptek terkait penggunaan e-RDKK dan kartu tani,” pungkas Arif. (07)

No More Posts Available.

No more pages to load.