Pemprov NTB Belajar Tentang IKM Ke Payakumbuh

by -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Kota Payakumbuh mendapat kunjungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ingin belajar tentang bagaimana pengembangan dan pembinaan yang dilakukan kota yang dipimpin Wali Kota Riza Falepi kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Rombongan yang dipimpin Asisten III Sekdaprov NTB dr. Nurhandini Eka Dewi itu disambut Asisten II Sekdako Payakumbuh Elzadaswarman didampingi Kepala DPMPTSP Harmayunis, Sekdis Nakerin Usfa Riyanti, Kabid Perindustrian Bambang Hermanto, Kabid Naker Gesmalindra, Ka UPTD P3R Novit Ardy, Kasi Industri Sandang Hayatil Mardhiyah, Kasi Industri Pangan Rendi Pratama, dan perwakilan Loka POM Payakumbuh di Balaikota, Kamis (14/10).

Dalam sambutannya Asisten II Elzadaswarman yang akrab di sapa Om Zet ini menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemprov NTB yang telah datang ke Kota Payakumbuh The City Of Randang.

“Inilah kotanya si kampung randang dan selamat menikmati kuliner dan alamnya Kota Payakumbuh,” ucap Om Zet.

Elzadaswarman juga mengatakan sesuai dengan ikonnya Payakumbuh, disini ada salah satu kampung yang penghasilan warganya pada umumnya berasal dari Industri Rendang, yakni Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, jadi tidaklah salah jika Pemprov NTB berkunjung.

“Begitu pula dengan IKMnya, di Kota Payakumbuh ada 2 pusat sentra IKM, satu Sentra Tenun yang berada di Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan dan satu lagi Sentra Randang yang berada di Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate Kecamatan Payakumbuh Utara,” papar Om Zet.

“Selanjutnya kalau mau beli oleh-oleh di Kota Payakumbuh juga ada pusat sentra oleh-oleh,” tambahnya.

Ternyata, dr. Nurhandini merupakan urang awak, perempuan minang yang berasal dari Kota Payakumbuh, Nagari Koto Nan Ampek. Dijelaskannya kedatangan Pemprov NTB ke Kota Payakumbuh dalam rangka studi tiru dan saling berbagi informasi yang berkaitan dengan tata cara pembinaan IKM, serta bagaimana pengembangan UMKM di Kota Payakumbuh.

“Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat terinspirasi dengan kemajuan Provinsi Sumatera Barat khususnya Pemerintah Kota Payakumbuh, terutama dalam bidang pengembangan Industri Kecil Menengah. Banyak inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terutama Pemko Payakumbuh yang di juluki si Kota Randang,” ungkap Nurhandini.

Handini juga menambahkan, selama berada di Kota Payakumbuh, mereka akan memanfaatkan waktu untuk saling berbagi informasi, besok mereka akan berkunjung ke lokasi-lokasi yang telah di rekomendasikan oleh Om Zet.

“Setelah mendengar paparan Om Zet, sudah tepat rasanya kami ke Kota Randang ini. Atas nama Pemprov NTB, kami memberikan apresiasi kepada Pemko Payakumbuh dan juga ucapan terima kasih atas informasi yang telah diberikan yang berkaitan dengan IKM,” kata Nurhandini yang merupakan Mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTB diamini pejabat Pemprov NTB seperti Kadis Perindustrian Nuryanti, Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB Aryanti Dwiyani, Kasi Pelatihan Dan Promosi BKPD Disprin NTB Heldy Sardianto, Sekdis Perindustrian Lombok Timur L. Alwan Wijaya, Sekdis Perindustrian Koperasi dan UMKM Kota Mataram I Gusti Ayu Yuliani, Kabid Industri Dinas Perindag Muhtar, IKM Sate Ikan Laut Budinten. (07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.