Penangkapan Terduga Teroris di Limapuluh Kota Sumatera Barat, Dua Pucuk Senapan Angin Disita

by -
Penangkapan Terduga Teroris di Sumbar, Lampung dan Batam } Istimewa
Penangkapan Terduga Teroris di Sumbar, Lampung dan Batam | Istimewa

Semangatnews  – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 6 orang diduga termasuk dalam kelompok teroris. Keenam orang itu ditangkap di tiga wilayah, yakni Lampung, Sumatera Barat, dan Batam.

Di wilayah Limapuluh Kota Sumatera Barat, polisi menangkap satu terduga teroris berinisial AD. Terduga ini termasuk kelompok Anshor Daulah Sumatera Barat.

AD ditangkap di Luak 50 tepatnya di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat pada Jumat pagi 6 November 2020 sekitar pukul 08.30 Wib.

Penangkapan warga berinsial AD alias AB alias AL itu tidak banyak diketahui warga maupun perangkat Nagari setempat. Bahkan Ditengah-tengah masyarakat beredar pria bujang yang ditangkap itu karena tersandung kasus Narkoba.

Baca juga: Selangkah Lagi, Kampus UNP Ada Di Payakumbuh

“AD alias S Parewa alias Abu Singgalang termasuk dalam kelompok Anshor Daulah Sumatera Barat,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/11/2020).

Wali Nagari Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru seperti, Syamsul Akmal saat dikonfirmasi pada Jumat sore membenarkan bahwa ada salah seorang warganya yang ditangkap Polisi, namun ia tidak tahu pasti kenapa pria yang disebut-sebut Andi Lelek itu ditangkap Polisi.

“Motif kenapa ia (Andi Lelek.red) ditangkap saya tidak tahu. Saya tahunya saat dilakukan penggeledahan dirumah orang tua di Guguak Nunang yang tidak jauh dari lokasi penangkapan di Simpang BR. Dirumah orangtua BR, banyak Polisi berpakaian dinas dan preman yang datang, mereka bersenjata Laras panjang.” Ucapnya.

Syamsu Akmal juga menambahkan, dari rumah orang tua Andi Lelek tersebut, disita sejumlah benda, diantaranya dua pucuk senapan angin serta sejumlah besi.

Di Lampung tercatat ada 4 orang yang ditangkap. Dua di antaranya berinisial SA dan I, yang tergabung dalam kelompok Imarudin di bawah pimpinan Para Wijayanto. Dari kedua pelaku, polisi menyita 21 barang bukti.

Baca juga: Viral Video Walikota Payakumbuh Dukung Salah Satu Paslon Bupati Limapuluh Kota, Bawaslu Akan Proses!

“Inisial SA, merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah dari di bidang Kosin, yang tergabung dalam kelompok IMARRUDIN (Banten) di bawah kepemimpinan Para Wijayanto yang di duga sebagai Kosin Wilayah Lampung dan I terlibat dalam pemberian Dana Kepada Imarudin,” kata

Sedangkan dua orang lainnya, yakni inisial S dan RK, terlibat dalam kelompok Adira Lampung. Dari keduanya, disita 56 barang bukti.

“S merupakan Bendahara Struktur Adira Lampung. RK adalah sekretaris struktur Adira Lampung,” ujar Awi.

Satu lagi terduga teroris tertangkap di wilayah Batam ialah MA. Awi menyebut MA terlibat dalam Jamaah Anshor Daulah.

“MA Alias ABU AL FATIH ditangkap di akses jalan keluar dari Perumahan Armendo Raya, Punggur. Dia termasuk kelompok Jamaah Anshor Daulah,” tutur Awi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.