Penting: Kurangi Konsumsi Kopi dan Makanan Pedas Saat Berkurung Diri di Rumah

by -

Penting: Kurangi Konsumsi Kopi dan Makanan Pedas Saat Berkurung Diri di Rumah

Semangatnews, Bogor- Ahli gizi dari IPB (Institut Pertanian Bogor) Prof. Ali Khomsan menganjurkan masyarakat mengurangi konsumsi kopi serta makanan pedas dalam situasi tidak nyaman atau stres, termasuk saat mulai melakukan isolasi mandiri menghindari penyebaran virus corona.

“Masyarakat sudah mulai isolasi mandiri. Jika salah satu efeknya adalah stres, hal yang pertama harus dikurangi adalah minum kopi,” katanya kepada Antara, Sabtu 28 Maret 2020.

Kata dia, saat stres sebaiknya tidak banyak mengonsumsi makanan yang pedas serta mengurangi konsumsi makanan yang membuat lambung tidak nyaman. Hal itu termasuk pula mengurangi makan makanan yang terlalu manis. Sebab, dapat memboroskan vitamin B dalam tubuh. Ia mengatakan, pola makan perlu diperhatikan sebab saat seseorang stres, hal itu biasanya membuat lambung bermasalah.

“Selain itu, pasokan makanan empat sehat yakni karbohidrat, lauk, sayur, dan buah juga harus tetap diperhatikan dan dikonsumsi,” katanya.

Selain menghindari sejumlah makanan saat berada dalam kondisi tidak nyaman atau stres, dia juga menganjurkan masyarakat terus mengupayakan tubuh tetap bergerak dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona. Setidaknya masyarakat bisa berolah raga secukupnya di teras rumah masing-masing sehingga tubuh tidak mengalami penumpukan.

“Usahakan agar tetap bergerak meski hanya di teras masing-masing,” katanya. Bahkan, jika biasanya seseorang bisa menghabiskan 50 menit hingga sejam untuk berolah raga, dalam situasi terbatas seperti saat ini, hal itu cukup dilakukan 20 hingga 25 menit per hari.(smngtnews/pr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.