Peristiwa Isra’ Mi’raj, Bukti Kenabian Muhammad SAW dan Pentingnya Pelaksanaan Ibadah Sholat 5 Waktu

by -
pembina Mushalla Babul Jannah Drs. H. Yetrizal Khatib memberikan tausyiah Isra' Mi'raj, Jum'at malam (12/3/2021) foto Muhammad Fathir.

SEMANGATNEWS.COM – Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan kejadian luar biasa yang tidak dapat diterima dengan akal sehat manusia, namun sesuatu yang patut di imani betapa pentingnya pelaksanaan ibadah sholat bagi umat Islam, dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal ini disampaikan Uztad Drs. H. Yetrizal Khatib dalam tausyiahnya pada acara peringatan Isra’ Mi’raj di mushalla Babul Jannah komplek Pondok Indah Permai- Wisma Lestari (Popwils) RT 5 RW XI Kelurahan Dadok Tunggul Hitam – Koto Tangah Kota Padang, Jum’at (12/3/2021)

Lebih lanjutnya Yetrizal Khatib yang juga sebagai Pembina kepengurusan mushalla Babul Jannah ini menyampaikan, peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadi setelah tahun kesedihan Nabi Muhammad SAW melepas kepergian paman sekaligus pelindung beliau Abu Thalib dan juga istri tercinta Khadijah.

Kisah Isra’ Mi’raj Rasullulah tersebut sebagai  hiburan Allah ketika Nabi merasa sedih dan risau. Ini sebagai hadiah Allah SWT sekaligus pembuktian Nabi Muhammad SAW mengikuti jalur para nabi terdahulu.

Yetrizal Khatib menyampaikan dalam surat Al- Isra ayat 1 berbunyi :

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

“Subhana” kata ayat pertama ini jelas peristiwa yang diperjalankan, tidak bisa dipikirkan dengan akal sehat akan tetapi sesuatu yang mesti di imani sebagai umat Islam yang percaya akan ke sholehan Nabi Muhammad SAW.

Namun walaupun ke sholehan Nabi Muhammad telah diakui oleh semua mahluk, namun nabi Muhammad sebelum diperjalankan terlebih dahulu malaikat Jibril dan malaikat Mikail melakukan operasi membersihkan hati Nabi di dekat sumur air zamzam.

Ini menandakan nabi Muhammad sebagai manusia biasa tidak terlepas dari hal-hal rasa manusianya, dengan dilakukan membersihkan hati Nabi Muhammad menjadi bersih dalam menghadap Allah SWT dalam menjemput ibadah sholar 5 waktu.

Inilah makna kita pahami saat ini bahwa dalam pelaksanaan sholat kita mesti membersihkan diri terlebih dahulu dan sebaik-baik sholat itu dilakukan di masjid/ mushalla secara berjamaah, ujar Yetrizal Khatib.

Sementara itu Ketua Mushalla Babul Jannah Dr. Bambang Heriadi,MT mengatakan, saat ini kegiatan mushalla telah mulai berjalan baik kembali, dimana dimasa awal pandemic covid 19 kegiatan mushalla hamper tidak ada sama sekali kecuali pelaksanaan sholat berjamah.

“Untuk peningkatkan kegiatan mushalla, baik dalam pelaksanaan pembangunan maupun aktifitas lainnya, kami sebagai pengurus terbuka, silahkan memberikan masukan dan ajukan kegiatan yang bermanfaat bagi warga kita di komplek ini,” ujarnya.

Bambang juga menyampaikan jika ada hal-hal yang kurang berkenan silahkan memberikan masukan demi terciptakan kebersamaan dan kebaikan bagi pembangunan mushalla kita Babul Jannah.

“Saat ini mushalla kita belum lagi sempurna dalam pembangunan, masih ada beberapa hal yang mesti kita segerakan perbaiki dan selesaikan pembangunan, terutama pada lantai dua yang jika hujan sering kebanjiran air merembes padaa saat hujan, karena belum ada jendela dan plasteran atap belum sempurna,” ungkapnya.

Bambang juga mengajak semua warga kompleks Popwils untuk memakmurkan kegiatan mushalla Babul Jannah, sebagai meraih amalan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“ Mari kita manfaatkan mushalla Babul Jannah ini sebagai tempat beribadah, meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, baik mendalami ilmu keagamaan, mengaji dan kegiatan sosial kemasyarakatan untuk mewujudkan kekompakan, persaudaraan dan keakraban sesama warga di komplek ini,” ajaknya.

Pelaksanaan acara Isra’ Mi’raj di mushalla Babul Jannah berjalan baik, ada persaudaraan yang kuat hal ini terlihat dari cukup ramai dan antusias dihadiri warga kompleks Popwils. ( fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.