Perkuat Publikasi Artikel Scopus, IAIN Barusangkar dan IAIN Curup Jalin Kerja Sama

by -

SEMANGATNEWS.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Provinsi Bengkulu Kunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Sumatera Barat dalam rangka melakukan Memorandum of Understanding (MoU), senin (01/03/11).

Kunjungan dan Mou ini dalam rangka memperkuat bidang publikasi dan strategi penulisan artikel yang terindeks Scopus.

Hadir dalam kunjungan ke IAIN Batusangkar dalam rangka MoU, Rektor IAIN Curup Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd beserta rombongan 11 orang. Mou tersebut diharapanka bisa saling berbagi dalam pengembangan Publikasi dan artikel Ilmiah terindeks Scopus, dan juga penelitian, pengabdian dan seminar bersama, antara dosen karyawan dan mahasiswa.

Pada pertemuan tersebut, Rektor dan rombongan IAIN Curup terlihat antusias dalam menindak lanjuti kerjasama tersebut, terutama dua kegiatan International Conference yang bakal digelar di IAIN Batusangkar.

Hal ini tentu tak lain pengembangan Tri Dharma Perguruang Tinggi antara IAIN Batusangkar dan IAIN Curup, sehingga mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan, dan juga mewujudkan program Merdeka Belajar/Era Kampus merdeka sesuai arahan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, menuju Insan pembelajaran yang Merdeka, kreatif dan Berdaya Saing.

“Setiap Institusi harus memperluas kerjasamanya di berbagai bidang terutama dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berharap kerjasama ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan hubungan antar dosen, karyawan maupun mahasiswa dari masing-masing Perguruan Tinggi dapat terjalin dengan baik,” Sambut Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. yang di damping Wakil Rektor, I,II,III, Ka. Biro, Dekan dan Direktur Program Pascasarjana.

Lebih lanjut Marjoni Imamora mengatakan hal ini tentu mendukung suatu institusi untuk mendapatkan Akreditasi yang unggul, memenuhi standar nasional pendidikan tinggi. Kolaborasi antara perguruan tinggi ini menentukan sikap publik terhadap kualitas yang dihasilkan, juga untuk membantu perguruan tinggi melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban publik dan ditambah lagi IAIN Batusangkar sedang dalam proses alih status ke UIN Batusangkar.

IAIN Curup Bengkulu dan IAIN Batusangkar Sumbar yang sama-sama dalam penambahan Program Studi (S2) dan persipan pengembangan Strata-3 (S3) di Pascasajana, hal ini disampaikan oleh kedua Rektor Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri di bawah naungan Kementerian Agama.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd. Mengatakan MoU ini diharapkan dapat memberikan keuntungan yang positif bagi kemajuan dunia pendidikan, dan juga meningkatkan kompetensi lulusan agar lebih siap dan relevan sesuai dengan kebutuhan zaman, melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka maka hard skill dan soft skill mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.