Perpustakaan Umum Daerah Pesisir Selatan Multi Fungsi

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Gedung Perpustakaan Umum Daerah pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan multi fungsi, tidak hanya sebagai tempat koleksi buku, tetapi juga tempat untuk mengembangkan kreativitas generasi muda. Hal itu dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni disela-sela peresmian gedung Perpustakaan, Senin (15/2).

Pada kesempatan itu bupati berharap Perpustakaan menjadi tempat tujuan masyarakat untuk berliterasi dan mampu meningkatkan minat baca.

Disebutkan, disamping membaca dan mengakses buku-buku di Perpustakaan, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi juga bisa mengakses perpustakaan digital.

Baca Juga:  Pengurus ISPI Sumbar Dilantik di Area Peternakan Padang Mengatas

“Manfaatkan gedung Perpustakaan ini sebagai gudang ilmu, sehingga kita tidak tertinggal informasi dan ilmu pengetahuan. Kemudian rawat dan jaga kebersihan gedung ini,” pintanya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan, Perpustakaan ini juga berfungsi sebagai tempat berlatih seni dan budaya, latihan membuat film, latihan menari, senam, pelatihan teknologi tepat guna, pelatihan kuliner dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pemkab Solsel Larang Rumah Makan Buka Siang Bulan Puasa Kecuali Untuk Non Muslim

Selanjutnya, sebagai tempat edukasi dan hiburan bagi masyarakat melalui penayangan film-film yang bersifat edukasi di studio mini. Intinya, gedung Perpustakaan ini multi fungsi.

Disebutkan, gedung Perpustakaan Umum Daerah ini dibangun melalui Dana Alokasi Umum (DAK) bidang pendidikan sub bidang Perpustakaan tahun 2020 dengan pagu anggaran Rp 10 miliar.

Bupati menambahkan, gedung Perpustakaan ditujukan untuk meningkatkan budaya baca dan literasi masyarakat.

Baca Juga:  BNPB- RI Lakukan Verikasi Usulan Penanganan Darurat Batang Lengayang

Sementara DAK sub Bidang Perpustakaan tersebut baru mampu menyiapkan ruangan perpustakaan konvensional, ruang perpustakaan digital, studio mini, tempat berselfi dan menikmati sunset, ruang layanan anak (rumah pintar), pentas literasi, ruang serba guna serta ruang kerja pegawai bidang perpustakaan, jelasnya.