Pokdar Kamtibmas Dikukuhkan Polres Solsel

by -
Pokdar Kamtibmas bagi-bagi masker usai dilantik Kapolres Solsel Senin (31/8).

Pokdar Kamtibmas Dikukuhkan Polres Solsel

Semangatnews, Solok Selatan – Kapolres Solok Selatan (Solsel) AKBP Tedy Purnanto mengukuhkan pengurus Kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di Mapolres setempat, Senin (31/8/2020). Ultra Dinata diamanahkan sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas dan Solbetri sebagai Wakil serta Sekretaris, Besrizal.

AKBP Tedy Purnanto mengatakan Pokdar Kamtibmas merupakan suatu kelompok masyarakat yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama nan bertujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan Kamtibmas di wilayah Solsel, sesuai peraturan perundangan-undangan.

“Pokdar Kamtibmas melakukan kegiatan pembinaan secara intensif terhadap kelompok remaja, pemuda dan warga masyarakat lainnya. Supaya pro aktif dalam pemetaan masalah, identifikasi terhadap masalah dan upaya pemecahan masalah berbasis kearifan lokal,” kata Tedy.

Menurutnya, dasar hukum pembentukan Pokdar Kamtibmas UU Nomor 2 tahun 2002. Peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2012. Permendagri nomor 12 tahun 2008. Skep Kapolri No: SKEP/661/XI/1992 tanggal 26 November 1992. Peraturan Kapolri nomor 3 tahun 2015. ST Kapolri No:2492/IX/HUK.6.5/2019 tanggal 18 September 2019.

Ketua Pokdar Kamtibmas Solsel, Ultra Dinata memberikan apresiasi terhadap Polres Solsel atas upayanya untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman dan tertib melalui pembentukan kelompok ini dari seluruh unsur masyarakat.

“Untuk mewujudkan keamanan tidak hanya tugas Polri dan TNI saja, namun semua unsur harus terlibat. Terutama peran aktif pengurus yang dikukuhkan. Diharapkan nanti bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Untuk itu, mari kita bersinergi dan bekerjasama dengan Polri dan TNI dalam menjalankan amanah ini,” katanya.

Bupati Solsel diwakili Asisten I, Fidel Efendi mengatakan tugas pengurus Pokdar Kamtibmas sangat berguna bagi masyarakat untuk menciptakan Kamtibmas.

“Bagaimana, menciptakan masyarakat yang aman dan tertib sehingga seluruh aktifitas keseharian ditengah masyarakat berjalan baik dan rukun.Terimakasih pada Polres dan jajaran beserta pengurus. Semoga Kamtibmas di Solsel semakin baik. Apalagi akan Pilkada serentak tentunya, Pokdar Kamtibmas sangat berperan nantinya dalam mewujudkan keamanan,” katanya.

Dalam pengukuhan tersebut ikut hadir Kajari Solsel, Danramil 0309/03 Muara Labuh, Waka Polres Solsel, Asisten I Pemkab Solsel beserta PJU Polres Solsel dan undangan lainnya.

Adapun sebagian susunan pengurus diantaranya, Dewan Pembina Kapolres Solsel, Waka Polres dan Kasat Binmas. Dewan Penasehat, Kajari Solsel, Ketua DPRD dan Asisten I Pemkab Solsel.

Ketua Pokdar Kamtibmas Solsel, Ultra Dinata, Wakil Ketua Solbetri, Sekretaris, Besrizal dan Kasri Wakil Sekretaris. Bendahara, Desmarni. (Afri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.