PontrenMU Luncurkan Broadcast Kauman TV

by -

SEMANGATNEWS.COM – Guna mewadahi santri untuk mengembangkan kreativitasnya di bidang pendidikan berbasis teknologi 4.0, Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang luncurkan Broadcast Kauman TV, Selasa (9/3).

Mudir PontrenMu, Derliana, MA langsung mencoba peralatan broadcast untuk acara tanya jawab dengan salah satu Duta Genre Padang Panjang, Muhammad Rafli Chalidi. Siswa kelas X PontrenMu tersebut baru saja meraih peringkat dua dalam ajang pemilihan Duta Genre Kota Padang Panjang tahun 2021.

Bagi Derliana sendiri, program ini akan dikembangkan menjadi program unggulan PontrenMu. “Kami ingin menunjukan kepada dunia bahwa pondok pesantren pun memiliki kreativitas dalam mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Untuk saat ini, katanya, ruangan Broadcast Kauman TV memiliki peralatan dan software canggih yang akan digunakan dalam studio praktek Kauman TV. Mulai kamera, televisi control hingga editing digital video, sound system dan lain-lain. Penggunaannya di bawah bimbingan tenaga ahli, Ali Nurdiansyah, S.Pd.

“Saat ini baru peralatan ini yang tersedia. Ke depan akan dilengkapi untuk mendukung agar program Kauman TV ini lebih sempurna dalam setiap penayangannya,” sebut Derliana.

Bagi Ali Nurdiansyah, ini merupakan suatu terobosan yang dilakukan PontrenMu untuk memberikan pendidikan literasi teknologi kepada santri.

“Dengan adanya program seperti ini, kami ingin beri pendidikan kepada santri, bahwa teknologi itu mampu mencerdaskan jika dilakukan dengan baik dan benar,” katanya.

Ke depan, lanjutnya, program Broadcast Kauman TV akan diisi tokoh-tokoh inspiratif, seperti walikota Padang Panjang. “Di umur 30-an beliau sudah berhasil menjadi pimpinan daerah di sini. Betapa perjuangan, semangat dan pemikirannya membuat kami terinspirasi. Agar nantinya santri kami di sini termotivasi juga untuk mengikuti jejak beliau,” jelasnya seraya mengatakan Broadcast Kauman TV dapat diakses melalui YouTube PontrenMu Kauman TV. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.