Prof. Syahrial: Melahirkan Atlet Andalan Butuh Pemanduan Bakat yang Sistimatis

by -

Prof. Syahrial: Melahirkan Atlet Andalan
Butuh Pemanduan Bakat yang Sistimatis

SEMANGATNEWS COM – Wawasan keolahragaan nasional kekinian kembali dipaparkan pakar Talent Identifikasi (TId) Indonesia, Prof Syahrial Bakhtiar, dihadapan para pelatih PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) Provinsi Sumatera Barat pada Rabu (24/3/2021).

Ilmuan olahraga nasional Syahrial Bakhtiar setengah jam lebih mengurai sistem pemanduan bakat yang terukur.

Syahrial yang juga mantan Ketua Umum KONI Provinsi Sumbar mengatakan,
Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah populasi terbesar ke-4 di dunia membutuhkan sistem pemanduan bakat olahraga yang terukur dan terencana untuk jangka waktu yang panjang.

“Berbicara tentang bakat, perencanaan program, pelatih profesional dan pelatihan menjadi kunci dalam pelaksanaannya.,” ungkap Syahrial yang juga guru besar Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Padang itu.

Seperti diketahui bersama,sebutnya, olahraga merupakan wujud menjaga kehormatan bangsa. Melalui olahraga, masyarakat Indonesia bisa bersatu tanpa memandang adanya perbedaan ras, suku, serta agama.

Sehingga olahraga memainkan peran krusial sebagai salah satu media membangun karakter para generasi muda dengan menjadikan para atlet berprestasi sebagai inspirasi.

“Tantangan yang kita hadapi dewasa ini adalah bagaimana menghasilkan elit-elit atlet Indonesia yang mampu membawa Indonesia sejajar dengan negara lain dalam berbagai kompetisi olahraga tingkat internasional,” imbuhnya. (Agusmardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.