PT KAI Divisi Regional Sumbar Kampanye Cegah Kekerasan dan Pelecehan Seksual

by -

PT KAI Divisi Regional Sumbar Kampanye Cegah Kekerasan dan Pelecehan Seksual

SEMANGATNEWS.COM-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melakukan kampanye cegah tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap penumpang Kereta Api di Stasiun Padang, Rabu 29/06.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan masyarakat maupun di transportasi umum, khususnya kereta api, sebut Vice President PT KAI Divre II Sumatera Barat Mohamad Arie Fathurrochman saat membuka dan mengawali kampanye.

Kampanye dan sosialisasi tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2022 dimana PT.KAI mengapresiasi terhadap keluarga dan penumpang KA Sibinuang dan KA Minangkabau Ekspres.

Dalam kegiatan ini, PT KAI Divre II Sumatera Barat melibatkan berbagai pihak untuk ikut menyuarakan pencegahan pelecehan seksual pada layanan KAI dan menyemarakan Hari Keluarga Nasional.

Pihak eksternal dalam kampanye serentak tersebut di antaranya Komunitas Pencinta Kereta Api, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sumatera Barat diwakili Zulnadi, SH, Pemerhati Transportasi Publik, serta Mitra Komnas Perempuan di wilayah Sumatera Barat.

Petugas PT KAI Divre II Sumatera Barat dalam kampanye tersebut melakukan imbauan melalui pengeras suara, serta menyampaikan pesan lewat spanduk, banner, poster, pamflet, dan stiker.

Selain itu, PT KAI Divre II Sumatera Barat juga memberikan apresiasi dengan membagikan souvenir bunga mawar yang melambangkan kasih sayang kepada rombongan keluarga yang menggunakan KA Sibinuang dan KA Minangkabau Ekspres, serta membagikan ratusan masker kepada pelanggan KA.

Pembagian masker tersebut diharapkan lebih meningkatkan kepatuhan seluruh pelanggan KA untuk ikut menjaga protokol kesehatan saat melakukan perjalanan.
 
Sementara itu, Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan “Kegiatan kampanye ini dilakukan secara serentak di 14 Stasiun di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero).

Kampanye ini penting untuk mengajak k masyarakat saat menggunakan layanan kereta api tetap saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan, sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman, nyaman bagi seluruh pelanggan,” ujar Joni.
 
Sebelumnya, pada Sabtu (25/6), Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penghargaan kepada kondektur yang melindungi pelanggan perempuan dari tindakan pelecehan seksual.

Menteri Erick juga mengapresiasi tanggapan KAI atas kejadian tersebut. Ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada petugas jika ada indikasi pelecehan seksual.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menambahkan, bahwa KAI perlu melakukan kampanye anti kekerasan seksual agar transportasi kereta api aman bagi perempuan. Ia berharap KAI dan Komnas Perempuan dapat berkolaborasi untuk aspek edukasi dan pedoman kebijakan yang berlaku secara internal dan eksternal di KAI.
 
Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menambahkan, petugas KAI baik di stasiun maupun di atas kereta api akan terus bersiaga jika terjadi tindak kekerasan dan pelecehan seksual.

Meski demikian, KAI juga tetap meminta pelanggan agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual, tegasnya.
 
Momen Peringatan Hari Keluarga Nasional ini, Mohamad Arie Fathurrochman mengajak masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyenangkan, nyaman dan aman bagi pelanggan saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh, tutupnya.

Demikian relis Humas PT KAI Divre II Sumatera Barat, Erlangga Budi Laksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.